get app
inews
Aa Read Next : TPN Sebut Ganjar-Mahfud sudah Punya Strategi Berantas Mafia Tanah

Ganjar-Mahfud Komit Dorong Supremasi Hukum dan HAM di Debat Perdana Pilpres 2024

Rabu, 06 Desember 2023 | 09:21 WIB
header img
Ganjar-Mahfud Komit Dorong Supremasi Hukum dan HAM di Debat Perdana Pilpres 2024. Foto: istimewa

Semangat menguatkan supremasi hukum dan sipil, kata Seno, bakal jadi materi utama Ganjar-Mahfud dalam debat tersebut. "Dalam perspektif tersebut, penegakan HAM adalah bagian integral dari upaya paling dasar melaksanakannya," ucap Seno.

Seno mengatakan Ganjar-Mahfud bakal menekankan pentingnya penguatan demokrasi dalam aspek kebebasan pers, kebebasan berpendapat, serta perlindungan terhadap hak-hak sipil.

Tak kalah penting, paslon nomor urut 2 itu juga bakal menguatkan sistem perlindungan bagi pelapor kasus hukum. "Termasuk yang menyangkut penyalahgunaan kekuasaan," kata politikus muda PDI-Perjuangan tersebut.

Situasi HAM di Indonesia sempat disinggung Ganjar saat jadi pembicara dalam dialog terbuka bertajuk "Muhammadiyah Bersama Capres-Cawapres" di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Tangerang Selatan, Kamis (23/11) lalu. Ganjar menyebut rapor kinerja pemerintah dalam menegakkan HAM masih merah.

"Skornya 6,2 dari 10. Kita perlu memperkuat lembaga HAM. Yang ini (soal HAM) Pak Mahfud nanti bercerita jauh lebih banyak lagi karena mengalami, melihat, merasakan, bertindak," kata Ganjar.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut