get app
inews
Aa Read Next : Uskup Agung Kupang Berbagi Cerita dengan Alumni TOR Lela Tahun 1989

Korem 161 Wirasakti Apel Gelar Pasukan Pengamanan Kunjungan Presiden Jokowi di NTT

Senin, 04 Desember 2023 | 10:02 WIB
header img
Aparat gabungan TNI Polri dan unsur terkait siap amankan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di NTT. Foto : iNewsTTU.id/ Rudy Rihi Tugu

KUPANG,iNewsTTU.id- Kepala Staff Korem 161 Wira Sakti Kupang, Kolonel Cpl. Simon Kamlasi, menjadi inspektur upacara dalam apel gelar pasukan dalam rangka kunjungan VVIP Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama Ibu  Negara Iriana Joko Widodo di Kabupaten Menggarai Barat, Kabupaten Nagekeo dan Kota Kupang. Senin (4/12/2023).

Kepada awak media, Kasrem 161 Wira Sakti mengatakan apel ini sebagai bentuk kesiapan TNI Polri dan unsur terkait dalam mengamankan kunjungan RI 1 beserta rombongan di NTT.

" Pagi ini rekan-rekan bisa lihat Bagaimana kesiapan TNI dan Polri beserta unsur-unsur pendukung lainnya untuk melaksanakan apel gelar, sekaligus mengecek kesiapan semua unsur untuk menghadapi kunjungan dari Presiden RI. khusus untuk di kota Kupang,  persiapannya kita fleksibel dan dinamis dan kami siapkan lebih dari 3000 pasukan untuk pengamanan VVIP," Ujarnya.

Apel gelar pasukan ini di mulai  pada Pukul 08:00 Wita, diikuti oleh personel gabungan TNI, Polri serta aparat terkait yang ada di wilayah NTT seperti Badan Intelijen Nasional, Badan SAR Nasional, Pemadam Kebakaran, dan Dinas Perhubungan.

Saat membacakan amanat Pangdam IX/Udayana selaku Pangkogasgabpad (Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu) Pam VVIP Wilayah Bali Nusra, Mayjen TNI Harfendi, Kasrem 161/Wira Sakti mengatakan, kunjungan kerja Presiden RI di wilayah Provinsi NTT khususnya di Kabupaten Manggarai Barat, Nagekeo dan Kota Kupang dilaksanakan mulai tanggal 4 sampai dengan 6 Desember 2023.

"Pengamanan Presiden dan Wakil Presiden merupakan salah satu tugas pokok TNI sebagaimana tertuang dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) sesuai pasal 7 ayat 2 Undang-Undang RI No. 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia butir ke 7 bahwa salah satu tugas TNI adalah mengamankan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya,"Kata Pangdam.

Lanjut Pangdam dalam setiap pelaksanaan pengamanan VVIP, Kodam IX/Udayana bersama-sama dengan Polda, Pemerintah Daerah dan unsur pendukung lainnya selalu bersinergi untuk mencapai tujuan dan sasaran pengamanan VVIP. 

"Segala sesuatunya jangan dianggap sebagai kegiatan yang biasa dilaksanakan, namun jadikan sebagai hal yang baru sehingga memotivasi seluruh anggota untuk melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab," Tandasnya.(*)

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut