get app
inews
Aa Read Next : Paket Oase Mendaftar di Partai Demokrat, Menegaskan Komitmennya untuk Kemajuan NTT

BP2MI Kukuhkan Satgas Berantas Sindikasi PMI Ilegal

Minggu, 26 November 2023 | 08:59 WIB
header img
Pengukuhan Satgas pencegahan dan pemberantasan TPPO, di Kupang. Selasa (21/11/2023). Foto: Istimewa

KUPANG,iNewsTTU.id-- Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) secara resmi membentuk dan mengukuhkan Satuan Tugas dan Pencegahan Pemberantasan Sindikat Penempatan ilegal pekerja Migran Indonesia 2023 di Provinsi NTT.

Pembentukan satgas ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam menangani upaya perdagangan orang secara ilegal.

 

Ketua Satgas BP2MI Brigjen Pol Dayan Victor Imanuel Belegur, Selasa (21/11/23) di Harper Kupang mengatakan hal ini untuk melakukan pencegahandan mendukung penegakan hukum.

“Memberikan desiminasi informasi sehingga upaya awal dapat kita lakukan. Khusus dari BP2MI kita juga menyiapkan saksi dan saksi ahli proses penegakan hukum yang dilakukan penyidikan sampai tuntutan itu bisa mendapatkan hasil maksimal,” kata Dayan Victor Imanuel Belegur.

Dia mengatakan kinerja pemberantasan sindikat akan dilakukan dengan sistem kolaborasi antara BP2MI bersama aparat hukum.

“Tentu kita ingin melakukan pencegahan secara massif berkolaborasi dengan semua stakeholder. Kita pasti akan berkoordinasi dan berkolaborasi dengan aparat penegak hukum untuk melakukan pendalaman informasi yang berkaitan dengan para sindikat,” ucapnya.

Sementara itu Mewakili Kepala BP2MI Sekertaris Utama BP2MI Renardi, menjelaskan terhitung bulan Mei hingga saat ini sudah ada 1.000 tersangka sindikat PMI Ilegal dan ada 3.000 PMI Ilegal yang sudah diselamatkan.

“Artinya apa, kerja keras kita bersama kolaborasi dengan seluruh stakeholder baik kepolisian dan seluruh kementerian lembaga dan termaksud pemerintah daerah itu berjalan dengan baik,” ujarnya.

Menurutnya saat ini situasi penempatan pekerja migran menghadapi darurat TPPO dan darudat penempatan ilegal.

“Negara sedang menghadapi perang semesta terhadap sindikat yang mengorbankan saudara-saudara kita,” jelasnya.

Ada 61 orang satuan gugus tugas BP2MI yang sudah resmi dikukuhkan dengan harapan dapat melawan sindikat perdagangan orang dan sebagai langkah upaya pencegahan perekrutan pekerja migran Indonesia Ilegal.

Selain itu BP2MI juga melakukan diskusi public dengan tema Perang Semesta Melawan Sindikat Penempatan Ilegal Pekerja Migran Indonesia sebagai upaya kolaborasi melawan dan memberantas kasus TPPO.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut