get app
inews
Aa Read Next : Uskup Agung Kupang Berbagi Cerita dengan Alumni TOR Lela Tahun 1989

Lantik 18 Notaris, Marciana Djone : Pegang Etika dan Prosedur sesuai Peraturan Undang- Undang

Senin, 06 November 2023 | 14:01 WIB
header img
Para notaris dilantik oleh Kakanwil Kumham NTT. Marciana Dominika Djone. Foto : Ist

KUPANG, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Nusa Tenggara Timur Marcina Dominika Djone melantik 18 notaris di wilayah NTT, Senin ( 6/11/2023) bertempat di aula Kanwil Kumham NTT.

" Saya mengimbau kepada para notaris yang dilantik pada hari ini agar dalam bertugas harus berpedoman pada prosedur yang ditentukan peraturan perundang-undangan," ujarnya.

Marciana juga mengatakan bahwa dalam melaksanakan tugas jabatannya, notaris perlu memastikan para pihak harus hadir berhadapan sebelum akta ditandatangani dan harus membacakan isinya kepada para pihak disertai penjelasan untuk dilakukan pendokumentasian lainnya, seperti mengambil foto dan sidik jari para pihak dalam rangka memperkuat isi akta tersebut.

Kode etik profesi juga menjadi hal yang penting, serta dalam melaksanakan tugas pelayanan, notaris juga harus memiliki integritas moral, jujur kepada klien maupun diri sendiri dan senantiasa menjaga kepercayaan masyarakat yang memerlukan jasa notaris.

"Harapan kami agar notaris baru dan notaris pindah yang baru diambil sumpah atau janji dan dilantik ini senantiasa berkoordinasi dengan sesama notaris dalam wadah Ikatan Notaris Indonesia Provinsi NTT, serta melakukan koordinasi juga bersama Majelis Pengawas Daerah Notaris, Majelis Pengawas Wilayah Notaris Provinsi NTT, dan Majelis Kehormatan Notaris Wilayah Provinsi NTT," Pungkasnya.(*)

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut