get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Ekor Monster Afrika Hijrah dari Papua menuju Perbatasan RI-RDTL

Satgas Pamtas RI-RDTL Yonkav 6 Luncurkan Smart Car Sasar Pelajar di Perbatasan Indonesia-Timor Leste

Jum'at, 03 November 2023 | 16:17 WIB
header img
Satgas Pamtas RI-RDTL Yonkav 6 Luncurkan Smart Car Sasar Pelajar di Perbatasan Indonesia-Timor Leste. Foto: iNewsTTU.id/seth

Kefamenanu, iNewsTTU.id--Dalam upaya luar biasa untuk meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah terpencil di sepanjang perbatasan Indonesia-Timor Leste, Anggota TNI Satgas Pamtas RI-RDTL Yonkav 6/Naga Karimata telah memperkenalkan inisiatif revolusioner - "Smart Car" Perpustakaan Keliling.

Salah satu sekolah yang sudah menjadi target program Smart Car ini adalah SD Gmit Fatunisuan,  di Kecamatan Miomaffo Barat. 

Nampak sejumlah siswa sekolah dasar ramai ramai menyerbu wahana perpustakaan keliling yang dimodifikasi dengan nyaman.

Program inovatif ini, yang diprakarsai oleh Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat, Mayor Kav Ronald Tampubolon, bertujuan untuk memupuk minat baca anak-anak di daerah perbatasan ini.

"Smart Car" adalah truk militer yang telah diubah menjadi perpustakaan keliling, lengkap dengan televisi untuk film dan video pendidikan. 

"Inisiatif ini menjadi bagian integral dari misi Yonkav 6 selama tugas perbatasan Indonesia-Timor Leste,"kata Ronald Tampubolon.

Perpustakaan keliling yang dimodifikasi, yang disebut "Smart Car," akan mengunjungi berbagai pos keamanan yang terletak di sektor barat perbatasan Indonesia-Timor Leste.

Selain menyediakan ruang untuk anak-anak membaca, tim Satgas Pamtas RI-RDTL Yonkav 6/Naga Karimata juga akan menawarkan materi tentang kewarganegaraan dan baris-berbaris kepada para siswa di setiap lokasi yang mereka kunjungi.

Menurut Mayor Kav Ronald Tampubolon, program "Smart Car" Taman Baca ini adalah inisiatif unggulan bagi Yonkav 6/Naga Karimata selama tugas mereka di perbatasan RI-RDTL. 

"Ini tidak hanya mendorong minat baca anak-anak tetapi juga memberikan konten pendidikan penting dalam bentuk video dan materi tentang kewarganegaraan, meningkatkan pertumbuhan holistik bagi masyarakat perbatasan,"tandasnya. 

Inisiatif ini menandai langkah luar biasa dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah-daerah terpencil dan sulit di perbatasan Indonesia-Timor Leste. 

Perpustakaan Keliling "Smart Car" ini diharapkan akan memiliki dampak yang mendalam pada kehidupan anak-anak di daerah perbatasan ini, membuat pendidikan lebih mudah diakses dan menarik.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut