get app
inews
Aa Read Next : Warga Serahkan Senjata Flintlock Milik Eks Pejuang Timor-Timur ke Komandan Satgas Sektor Barat

Indonesia dan Timor Leste Tingkatkan Kerjasama dengan Peletakan Batu Pertama di PLBN Oecuse

Senin, 16 Oktober 2023 | 18:34 WIB
header img
Peletakan batu diperbatasan RI-RDTL di Oesilu, Distrik Oekusi Timor Leste. (Foto: iNewsTTU.id/Isto Santos).

KEFAMENANU, iNewsTTU.id - Tercipta sejarah baru dalam hubungan Indonesia dan Timor Leste melalui acara peletakan batu pertama pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Oecuse milik Timor Leste yang berbatasan dengan Indonesia, tepatnya Kabupaten Timor Tengah Utara,  NTT

Dansatgas Pamtas RI RDTL Sektor Barat, Mayor Kav Ronald Tampubolon turut menghadiri undangan dalam acara ini yang diadakan untuk memperkuat kerjasama lintas batas kedua negara.

PLBN ini bertujuan sebagai titik resmi untuk kegiatan lintas batas yang sah antara Indonesia dan Timor Leste.

Acara ini dihadiri juga oleh Presiden Wilayah Administrasi Khusus Oecuse, Arsenio Paixao Bano beserta jajaran Timor Leste, Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah (BPPD) TTU, Kristo Abi.

Dalam sambutannya, Kepala BPPD TTU, Kristo Abi, menyatakan, hal ini dilakukan bukan hanya di pos perbatasan tetapi juga seluruh infrastruktur pendukung hingga sarana jalan nasionalnya.

"Ini untuk memudahkan jalur logistik dan bahan pokok sehingga perekonomian masyarakat yang terdampak juga semakin luas," ujarnya pada Senin (16/10/2023).

Sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat ekonomi wilayah perbatasan, PLBN ini diharapkan akan menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Katanya, acara peletakan batu pertama dimulai dengan doa dan pelaksanaan acara adat, mencerminkan penghormatan terhadap keragaman budaya kedua negara.

"Peletakan batu pertama dilakukan oleh perwakilan dari masing-masing negara, termasuk Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat, sebagai simbol komitmen bersama," ungkap dia.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut