get app
inews
Aa Read Next : Paket Oase: Orias - Sebastian Mendaftar di PKB dan PSI, Ungkap Chemistry dalam Membangun NTT

Indonesia Australia Kerja Sama Tingkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Anak Didik

Selasa, 10 Oktober 2023 | 06:41 WIB
header img
Lokakarya peningkatan kemampuan literasi dan Numerasi Anak didik dalam program INOVASI. Selasa (10/10/2023), Foto: Eman Suni/ Inews Tv.

KUPANG,iNewsTTU.id-- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar kegiatan lokakarya di Kupang, Senin (09/10/2023).

Kegiatan ini merupakan program pendampingan untuk siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) dalam meningkatkan kemampuan baca, tulis dan berhitung yang disebut dengan nama Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI).

Pada kesempatan ini ditampilkan contoh bentuk pembelajaran di sekolah yang diperagakan oleh tiga murid dari SD Katolik Galawea, kabupaten Nagekeo, yang menggunakan alat peraga dari dari bahan bekas untuk belajar membaca dan berhitung.

Tiga murid ini yakni Titin, Nafila dan Putra yang mengaku sangat senang dengan penerapan model pembelajaran disekolahnya.

"Saya senang karena bisa belajar sambil bermain", Sebut Titin.

Program INOVASI ini diterapkan di lima kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT) yakni Kabupaten Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Sumba Timur dan Nagekeo.

Kegiatan ini mendapat tanggapan positif dari pemerintah setempat karena dapat meningkatkan kemampuan literasi dan Numerasi Anak didik disekolah.

Bupati Sumba Barat Daya, dr. Kornelius Kodi Mete mengatakan program ini perlu mendapat dukungan untuk diterapkan disemua sekolah, karena melalui model pembelajaran ini kemampuan baca dan tulis anak menjadi lebih baik.

"Dulu ada anak yang sudah SMP belum bisa baca, tapi sekarang baru kelas dua SD sudah lancar membaca dan menulis, sehingga kami pemerintah akan dukung dengan pembiayaan supaya dapat diterapkan disemua sekolah", Kata dr. Kornelius.

Dalam kegiatan lokakarya itu juga dilakukan pameran hasil pendampingan berbagai karya yang dilakukan mitra INOVASI dalam program pembangunan numerasi dan literasi di sejumlah kabupaten di NTT.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekertaris Daerah NTT yang dihadiri oleh perwakilan dari semua kabupaten, baik itu Bupati maupun Kepala Dinas pendidikan.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut