get app
inews
Aa Read Next : Thoby Uly minta Bacabup dan Bawacabup Sabu Raijua Profesional

Indonesia dan Timor Leste Tanda Tangan Kerjasama Olahraga Otomotif

Selasa, 05 September 2023 | 12:04 WIB
header img
Ikatan Motor Indonesia dan Federacao de Motociclismo de Timor Leste Tanda Tangan Kerjasama Otomotif di Dili. Selasa (05/09/2023). Foto : Ist

TIMOR LESTE, iNewsTTU.id-- Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Federacao de Motociclismo de Timor Leste (FMCTL) melakukan penandatanganan nota kesepahaman, untuk bekerjasama dalam bidang otomotif serta mobilisasi di halaman Istana Kepresidenan, Dili, Timor Leste. Minggu (04/09/2023). 

Penandatanganan nota kesepahaman itu disaksikan langsung oleh Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta, beserta pejabat penting lainnya. Ketua IMI NTT Gavriel Novanto melakukan penandatanganan mewakili Ketua IMI Pusat Bambang Soesatyo, sesuai surat mandat yang diterima.

Ketua IMI NTT Gavriel Novanto mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman ini bertujuan untuk mempererat hubungan bilateral antar kedua negara, dan pengembangan olahraga otomotif antara Indonesia khususnya NTT dan Timor Leste. 

Menurutnya, beberapa tahun terakhir ini banyak kegiatan otomotif seperti road race, grasstrack serta offroad yang telah digelar baik di Indonesia terutama Kupang maupun Dili Timor Leste. Namun belum ada ikatan yang mempererat para pelaku otomotif kedua negara. 

Sehingga kerjasama ini diharapkan bisa mempermudah segala urusan otomotif maupun mobilitas antar kedua negara yang nantinya digelar di wilayah perbatasan. Kerja sama bilateral bidang otomotif ini semoga bisa berjalan baik kedepan.

"Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan agar lebih mempermudah para pembalap kedua negara yang nantinya keluar masuk daerah perbatasan, untuk mengikuti setiap event yang digelar, baik di NTT maupun di Dili," jelas Gavriel Novanto, Selasa (05/09/2023).

Gavriel Novanto mengundang seluruh tim dan pembalap Timor Leste agar bisa mengikuti event Kejurnas Grasstrack Region III Putaran Ke Lima di Waingapu Sumba Timur nanti, serta Road Race di Kabupaten Timor Tengah Utara. 

"Kejurnas Grasstrack putara ke lima di Sumba Timur akan digelar bulan September ini. Sedangkan Road Race di Kefa TTU akan digelar Oktober mendatang, saya mengundang teman-teman dari Timor Leste untuk mengikuti event-event itu," ucapnya.

Presidente Federacao de Motociclismo de Timor Leste (FMCTL) Longuinhos Monteiro mengatakan, atas nama Federasi Motociclismo Timor Leste dia dan seluruh pengurus menyambut kedatangan delegasi Indonesia khususnya Ikatan Motor Indonesia, HDCI dan Offroad di Dili.

Menurutnya, dengan kerjasama yang tertuang dalam nota kesepahaman ini semoga bisa menambah kemampuan dan kapasitas para pelaku otomotif antar kedua negara. Selain itu bisa membantu mengembangkan pariwisata Timor Leste dan NTT melalui olahraga otomotif.

"Federasi kami usianya masih sangat muda sehingga kami harus banyak belajar dari Ikatan Motor Indonesia yang sudah matang dan berpengalaman dalam berorganisasi," tutup Longuinhos Monteiro.

Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang baik bagi para pelaku otomotif, dan semakin mempererat hubungan antara dua negara, baik Indonesia maupun Timor Leste.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut