get app
inews
Aa Read Next : Uskup Agung Kupang Berbagi Cerita dengan Alumni TOR Lela Tahun 1989

Milka Sembuh dari Penyakit Jantung Bocor Berkat Bantuan YBKM

Rabu, 23 Agustus 2023 | 18:11 WIB
header img
Ketua YBKM Erna Manafe ( Kacamata) saat mengantar Milka ( peluk boneka) dan ibunya pulang ke kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur. Foto : Ist

KUPANG,iNewsTTU.id- Berita bahagia kembali datang dari Yayasan Berbagi Kasih Mulia ( YBKM) Kabupaten Timor Tengah Selatan, dimana salah seorang pasien dampingan YBKM yakni Milka Gloria Ndakularak, yang didiagnosa menderita jantung bocor telah dinyatakan sembuh oleh dokter dan sudah di perbolehkan pulang.

" Awal pasien ke Kupang tinggal di Rumah Singgah Ruang Berbagi Kasih sejak 19 November 2022 dan rawat jalan di RSU Siloam Kupang dan di rujuk ke RSUD Dr.soetomo subaya sejak 8 Desember 2022 untuk proses lanjutan dan operasi, sesampainya di Surabaya, pasien dititipkan di Rumah Singgah Ruang Pasien. dan pada tanggal 9 Desember 2022 pasien kontrol pertama di RSUD Dr. Soetomo Surabaya Poli Jantung Pediatrik, pada tanggal 16 Desember 2022 tindakan katerisasi Jantung sempat gagal karena lubang jantung pasien sangat besar. Tanggal 10 Januari 2023, operasi cabut gigi dan kembali kontrol ke Poli Jantung Pediatrik. Tanggal 25 Januari Milka operasi pasang ring jantung serts dirawat inap di ICU selama 3 malam dan pindah ke ruang rawat inap 4 hari setelah itu pasien di perbolehkan pulang. 3 bulan pasca operasi pasien di rujuk balik ke RSU Siloam Kupang pada tanggal 18 April 2023 dan dijemput oleh relawan YBKM," Ujar Erna, Rabu ( 23/7/2023).

Sampai dikupang pasien kontrol rutin untuk ambil obat Jantung dan pada tanggal 05 Juli 2023 pasien Echo Jantung atas rekomendasi dokter Jantung Pediatrik. dari hasil Echo yang dilakukan, jantung Milka sudah tertutup rapat dan sudah diperbolehkan pulang ke Waingapu. 

" Saran dokter, bila ada keluhan maka pasien bisa kontrol di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu dan dibuatkan rujukan baliknya. Evaluasi jantungnya di RSU Siloam pada Januari 2024.
Tetap semangat Milka dan ibunya, jaga kesehatan, jaga kebersihan dan Milka rajin sikat gigi ya sehari dua kali yakni setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam untuk mencegah kuman masuk ke dalam jantung dan menyebabkan infeksi di ring jantung yang dipasang. Rajin belajar agar kelak menjadi anak yang pintar dan sukses," tambahnya.

Erna Manafe juga menambahkan dirinya dan tim relawan YBKM berdoa agar semuanya diberi kesehatan yang baik agar terus menjadi berkat untuk banyak orang.(*)

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut