get app
inews
Aa Read Next : Dandim TTU Tutup Event 1618 Blayer

PKM Fisipol Unimor dan Karang Taruna Desa Sunkaen Gelar Festival Budaya Lokal

Selasa, 08 Agustus 2023 | 09:28 WIB
header img
PKM Unimor dan Karang Taruna Desa Sunkaen Gelar Festival Budaya Lokal (Foto: iNewsTTU.id/Isto Santos).

KEFAMENANU, iNewsTTU.id - Kolaborasi Praktik Kerja Mahasiswa (PKM), FISIPOL, Universitas Timor (UNIMOR) dan Karang Taruna Desa Sunkaen di Kecamatan Bikomi Nilulat, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) menyelenggarakan Festival Budaya Lokal dengan tema "Harmonis Dalam Keberagaman".

Festival ini bertujuan untuk menggugah dan mendidik generasi muda dalam melestarikan budaya lokal yang ada di Desa Sunkaen.

Kegiatan ini mencakup berbagai acara yang mengangkat kebudayaan lokal, seperti lomba tarian tradisional dan fashion show cilik-remaja antar RT. Lomba tarian tradisional melibatkan kelompok-kelompok yang terdiri dari 5 hingga 10 orang, sementara fashion show melibatkan 8 peserta penampil.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Sunkaen, Yuvenales Lake, menyampaikan pentingnya tema "Harmonis Dalam Keberagaman" dalam festival ini. Ia berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi sarana bagi kaum muda untuk belajar dan melestarikan budaya lokal yang ada di Desa Sunkaen.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat setempat untuk berpartisipasi dalam memperkenalkan budaya lokal, khususnya gong dan pakaian adat, kepada generasi penerus.

"Jangan melihat juara atau hadiahnya tapi lihat apa yang perlu dipelajari dan dilestarikan", ujar Lake pada Senin, (07/08/2023).

Ketua Panitia, Theresia Imelda Palbeno, mengapresiasi dukungan dari Pemerintah Desa Sunkaen dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan ini.

Ia menyadari bahwa dengan kemajuan teknologi, nilai-nilai budaya seringkali terabaikan oleh generasi muda. Oleh karena itu, festival ini menjadi langkah penting dalam upaya melestarikan budaya lokal dan mencegah kepunahan nilai-nilai tersebut.

"Selain itu juga menjaga kearifan yang ada, serta kegiatan ini juga memberikan ruang dan kesempatan bagi anak-anak Desa Sunkaen untuk berkreasi dan bereuvoria menyosong HUT NKRI ke-78," katanya.

Dikatakan, peserta dalam kegiatan ini mewakili setiap RT di Desa Sunkaen, dan semua peserta serta masyarakat diwajibkan untuk mengenakan pakaian adat Bikomi. Festival ini dilaksanakan mulai tanggal 7 hingga 10 Agustus 2023.

Melalui kolaborasi antara PKM FISIP UNIMOR dan Karang Taruna Desa Sunkaen, diharapkan bahwa kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dalam melestarikan budaya lokal serta memperkuat rasa kebersamaan dan kerukunan dalam keberagaman di Desa Sunkaen.

"Festival budaya lokal ini selain bertujuan untuk memeriahkan peringatan HUT NKRI, juga menjadi media untuk membangun semangat anak muda di Desa Sunkaen untuk menggali, mengenal dan memahami nilai-nilai budaya, tradisi dengan kearifan dan tata nilai yang khas," harap Imel.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut