get app
inews
Aa Read Next : Warga Serahkan Senjata Flintlock Milik Eks Pejuang Timor-Timur ke Komandan Satgas Sektor Barat

Ribuan Katekis dan Guru Agama Katolik Keuskupan Atambua Gelar Temu Akbar di Kefamenanu

Sabtu, 29 Juli 2023 | 05:48 WIB
header img
Temu akbar IKKAT di Kefamenanu (Foto: iNewsTTU.id/Isto Santos).

KEFAMENANU, iNewsTTU.id - Pertemuan akbar tersebut merupakan inisiatif dari Ikatan Katekis-Katekesta Keuskupan Atambua (IKKAT) dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi (temu kangen) dan berbagi pengalaman dalam menjalankan tugas sebagai katekis (pengajar agama Katolik) di sekolah maupun di Paroki.

Kegiatan ini diprakarsai oleh Uskup Keuskupan Atambua, Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr., yang merupakan pemimpin gereja di wilayah Keuskupan Atambua dan telah berjalan memasuki tahun ke 5. Pertemuan tersebut diadakan setiap tahun secara meriah di beberapa Paroki yang telah ditentukan di wilayah Keuskupan Atambua.

Peserta yang hadir dalam pertemuan akbar ini berasal dari empat dekenat, yaitu: Dekenat Belu Utara, Dekenat Malaka, Dekenat Mena, Dekenat Kefamenanu.

Dalam pertemuan ini, para katekis akan saling berbagi pengalaman dan tantangan yang dihadapi dalam menjalankan tugas sebagai pendidik agama Katolik.

Rangkaian acara pertemuan akbar tersebut mungkin mencakup seminar, diskusi, refleksi spiritual, kegiatan sosial, dan perayaan liturgi untuk memperkuat tali persaudaraan dan meningkatkan kompetensi para katekis.

Hal ini disampaikan oleh Ketua IKKAT Dekenat Kefamenanu, Paulinus Lelan, pada Jumat (28/07/2023).

"Lalu Bapa Uskup Atambua menginginkan membuat program dan dipertemukan dalam wadah IKKAT. Selain bertemu untuk kangen-kangenan, kegiatan ini juga bertujuan untuk sharing tentang tugas dimana Katekis berada," ujarnya.

Selain menjalin silaturahmi dan berbagi pengalaman, kegiatan pertemuan akbar IKKAT tersebut juga bertujuan untuk memupuk kebersamaan di antara para katekis sebagai anggota IKKAT.

IKKAT, katanya, berfungsi sebagai wadah untuk mengumpulkan kekuatan dan solidaritas bagi Uskup Keuskupan Atambua dalam upaya pewartaan kabar gembira (Injil) dan kabar keselamatan kepada umat Katolik di wilayah Keuskupan Atambua.

Sebagai katekis, tugasnya sangat penting dalam menyampaikan ajaran dan nilai-nilai agama Katolik kepada generasi muda dan umat Katolik secara umum.

Dalam melaksanakan tugas tersebut, para katekis di wilayah Keuskupan Atambua saling mendukung dan berkolaborasi melalui keanggotaan di IKKAT. Kekuatan bersama melalui IKKAT memungkinkan untuk lebih efektif dalam menyebarkan kabar gembira Injil.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut