get app
inews
Aa Read Next : Warga Serahkan Senjata Flintlock Milik Eks Pejuang Timor-Timur ke Komandan Satgas Sektor Barat

Usai Pilkades TTU, 7 Kepala Desa tidak Dilantik Bupati Timor Tengah Utara

Selasa, 11 Juli 2023 | 18:42 WIB
header img
Usai Pilkades TTU, 7 Kepala Desa tidak Dilantik Bupati Timor Tengah Utara. Kepla Desa (Dok: Ilustrasi)

KEFAMENANU, iNewsTTU.id--Pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT telah selesai digelar, bahkan diikuti oleh 154 wilayah Desa pada bulan Mei 2023 lalu.

Pada proses itu, hanya satu calon yang keluar sebagai kades terpilih dengan suara terbanyak dan siap dilantik untuk memimpin di Desa tersebut.

Acara pelantikan pun berlangsung di Balai Biinmaffo oleh Bupati Timor Tengah Utara, Drs. Juandi David, Senin, 10 Juli 2023 lalu.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Juandi yang diwawancarai awak media mengatakan, sebanyak 147 kepala desa terpilih hasil Pilkades serentak 17 Mei 2023 lalu sudah dilantik. Dan ada beberapa kepala desa yang belum dilantik.

"Pada kesempatan ini ada 147 Kepala Desa yang dilantik. Sementara, pemilihan kepala desa serentak tahun 2023 sebanyak 154 desa. Berarti ada yang belum dilantik," katanya.

Iapun menjelaskan alasan penundaan pelantikan Kades - Kades lainnya.

"Pelantikan Kades yang ditunda ini disebabkan oleh beberapa faktor yakni 2 orang kades terpilih meninggal dunia pasca terpilih, 1 orang kepala desa sudah dikeluarkan SK namun yang bersangkutan belum berakhir masa jabatannya. Sedangkan, pelantikan 4 kepala desa terpilih lainnya akan menyusul," ungkap Bupati Juandi.

Penundaan pelantikan 4 kepala desa terpilih jelasnya, merupakan sesuatu yang wajar. Ketidakpuasan beberapa pihak yang mengajukan keberatan terhadap hasil pemilihan kepala desa adalah bagian dari demokrasi.

 

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut