get app
inews
Aa Read Next : Warga Serahkan Senjata Flintlock Milik Eks Pejuang Timor-Timur ke Komandan Satgas Sektor Barat

Salut! Polres TTU Punya 1 Polsek Terbaik Tipe B dan Pemenang Kompolnas Awards 2023

Kamis, 29 Juni 2023 | 14:31 WIB
header img
Kapolres TTU AKBP Mohammad Mukhson dan Kapolsek Miomaffo Timur Ipda Aris Salama (Foto: iNewsTTU.id/Isto Santos).

KEFAMENANU, iNewsTTU.id - Polsek Miomaffo Timur, Polres Timor Tengah Utara (TTU) berhasil torehkan prestasi dengan memenangkan penghargaan Kompolnas Awards 2023 sebagai juara 1 Polsek terbaik tipe-B.

Sejumlah indikator penilaian yang menjadi pertimbangan juri diantaranya menilai polsek di wilayah perbatasan punya andil di bidang pelayanan kepada masyarakat dan terobosan kreatifitas.

Tidak hanya itu, penilaian juga berdasarkan hasil kunjungan, paparan, penyambutan bagaimana kekompakan unsur Forkopimda dan bagaimana testimoni masyarakat terhadap kinerja Polsek Miomaffo Timur dalam kedekatan seluruh personil dengan masyarakat.

Wilayah hukum Polsek Miomaffo Timur terbilang sangat luas pasalnya terdapat 6 Kecamatan diantaranya Kecamatan Bikomi Utara, Miomaffo Timur, Bikomi Nilulat, Bikomi Tengah, Naibenu dan Bikomi Selatan.

Hal itu disampaikan Kapolres TTU, AKBP Mohammad Mukhson saat ditemui diruang kerjanya pada Rabu, (28/06/2023).

"Penilaian tersendiri dari Kompolnas berupa terobosan kreatif yang digagas Polsek Miomaffo Timur namanya pondok restoratif dan testimoni-testimoni kedekatan polisi dengan masyarakat dalam menyelesaikan kasus secara restorative justice," ujar Mukhson.

Ia mengatakan, upaya yang dilakukan restorative justice ditengah masyarakat dengan keterbatasan jumlah anggota polisi 1 dibanding 950.

"Tetapi kita bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat meski dengan sarana prasarana yang terbatas," katanya.

Meski jumlah personil terbatas, ungkapnya, tahun 2022 dalam penyelesaian kasus menjadi pertimbangan di mana terdapat sebanyak 80 kasus yang diselesaikan di Polsek itu.

Adapun 80 kasus itu dengan rincian penyelesaian seluruhnya selesai dengan keterangan 2 kasus P21 dan 78 kasus penyelesaian dengan restorative justice.

Sementara itu, triwulan pertama di tahun 2023 sebanyak 13 kasus yang diselesaikan dengan rincian 4 kasus P21 dan 9 kasus melalui restorative justice.

"Sehingga ini menjadi penilaian dalam lomba Kompolnas Award 2023. Bahwa kita masuk nominasi 5 besar untuk polsek terbaik tipe B. Setelah dilakukan penilaian lanjut, kita bersaing dengan 5 polsek yang lain maka ditentukan bahwa Polsek Miomaffo Timur mampu menyelesaikan kasus 100 persen," ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Miomaffo Timur, Ipda M. Aris Salama saat ditemui mengatakan, dirinya telah menerima Piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo kepada Irjen Johni Asadoma, di Hotel Sultan, Jakarta pada Rabu (21/06/2023).

"Saya bangga karena kami Polsek dari perbatasan RI-Timor Leste bisa memberikan yang terbaik untuk Polri khususnya Polres TTU," ujarnya.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut