get app
inews
Aa Read Next : Uskup Agung Kupang Berbagi Cerita dengan Alumni TOR Lela Tahun 1989

Beli HP Melalui Facebook, Dua Mahasiswa Diamankan Polresta Kupang Kota

Selasa, 18 April 2023 | 12:02 WIB
header img
Beli HP Melalui Facebook, Dua Mahasiswa Diamankan Polresta Kupang Kota. Foto: Ilustrasi

KUPANG, iNewsTTU.id-- Polresta Kupang Kota berhasil mengamankan dua orang mahasiswa dan satu orang warga Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), karena diduga sebagai penadah barang curian yang dibeli dari para pelaku pencurian melalui facebook.

Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto, Kapolresta Kupang Kota mengatakan, penangkapan ini bermula dari laporan warga yang kehilangan Handphone dengan no Laporan Polisi Nomor: LP / B / 106 / II / 2023.

"Pengungkapan kasus pencarian yang dijual melalui media sosial ini berawal dari laporan masyarakat", kata Kapolresta.

Penangkapan ini dipimpin oleh Kasubnit dua Jatanras Aipda Maksi Saudale itu, yang berhasil mengamankan barang bukti berupa dua buah handphone, dan tiga pelaku penadah barang curian tersebut, dua diantaranya merupakan mahasiswa. Sedangkan satu orang lainnya masyarakat biasa. Mereka ditangkap Tim Jatanras Polresta Kupang Kota, Senin (17/04/2023) kemarin.

Menurut Krisna, ketiga terduga pelaku penadah barang curian itu masing-masing berinisial HT (23), AN (19) dan MH (27). Mereka diamankan di lokasi berbeda, dan diketahui terduga pelaku HT dan AN merupakan mahasiswa pada salah satu universitas di Kota KupKupang

"Tiga orang terduga pelaku dan barang bukti berupa satu buah handphone merk Vivo Y 15s warna biru muda dan satu buah handphone Samsung Galaxy A02 saat ini diamankan di Mapolresta Kupang Kota," jelasnya, Selasa (18/04/2023).

Krisna menambahkan, barang bukti handphone tersebut diakui oleh ketiga terduga pelaku dibeli dari hasil postingan disalah satu akun facebook, yang merupakan residivis kasus pencurian. 

Kedua residivis kasus pencurian dengan inisial YB dan K telah diamankan terlebih dahulu, dan saat ini sementara ditahan di Direktorat Tahanan dan Barang Bukti (Dittahti) Polda NTT untuk mempertanggung jawabkan perbuatan mereka.

"Kepada semua warga Kota Kupang kami himbau untuk berhati-hati apabila hendak membeli handphone bekas atau second. Sebelum membeli, terlebih dahulu memeriksa kembali kelengkapan handphone seperti kwitansi pembelian dan lain sebagainya agar terhindar dari kasus tindak pidana. 

Apabila mengetahui adanya penjualan handphone oleh orang yang tidak di kenal dan dengan harga yang murah, perlu berhati-hati dan silahkan melapor ke Kepolisian terdekat untuk ditindaklanjuti," tutup Krisna.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut