Logo Network
Network

Mengenal Sosok Beato Livatino, Hakim yang Adil Mati Ditangan Mafia pada Usia 37 Tahun

Isto Santos
.
Sabtu, 21 Januari 2023 | 22:53 WIB
Mengenal Sosok Beato Livatino, Hakim yang Adil Mati Ditangan Mafia pada Usia 37 Tahun
Kardinal Dominique memimpin upacara dan Misa di Gereja San Salvatore di Lauro, Roma, di mana relikui Beato Rosario Livatino dipajang (Foto: CNA).

ROMA, iNewsTTU.id- Baju yang dikenakan oleh Beato Rosario Livatino ketika dia dibunuh oleh Mafia di Sisilia pada tahun 1990 dipajang di gereja-gereja dan gedung-gedung pemerintahan di Roma minggu ini.

Livatino di beatifikasi pada tahun 2021 di Agrigento, Sisilia, setelah Paus Fransiskus menyatakan dia sebagai martir atas kematiannya pada 21 September 1990, pada usia 37 tahun.

Saat mengemudi menuju gedung pengadilan Agrigento tempat dia bekerja sebagai hakim, mobil Livatino ditabrak oleh mobil lain, membuatnya keluar dari jalan raya.

Saat hakim muda itu lari dari kendaraan yang jatuh ke lapangan, dia ditembak secara brutal di punggung dan kemudian dibunuh dengan tembakan lebih lanjut.

Kemeja berlumuran darah yang dikenakan pengacara dan hakim Katolik pada hari itu, sekarang disimpan sebagai peninggalan dan telah dibawa dari Sisilia ke Roma untuk dipajang sementara agar umat berdoa.

Relikwi itu, yang tiba di Roma pada 13 Januari 2023, dipaparkan untuk dihormati di beberapa paroki dan universitas Katolik, serta Parlemen Italia, gedung Mahkamah Agung, Dewan Tinggi Kehakiman, dan Kementerian Kehakiman. Kotamadya Roma.

Pada 18-19 Januari 2023, kemeja itu berada di sebuah Gereja Katolik di dalam markas besar polisi keuangan Italia, di mana Komandan Jenderal Andrea De Gennaro dan Uskup Agung Santo Marcianò, kepala Ordinariat Militer untuk Italia, berpartisipasi dalam konferensi tentang “Livatino, peziarah keadilan dan iman.”

Pada hari Jumat (20/01/23), Gereja San Salvatore di Lauro menyambut relikwi itu selama beberapa jam dengan upacara dan Misa yang dirayakan oleh Kardinal Dominique Mamberti, prefek Mahkamah Agung Signatura Apostolik Vatikan.

Perhentian terakhir dalam perjalanan relik itu adalah 21 Januari 2023 di Basilika St. Mary of the Angels and of the Martyrs, sebuah gereja abad ke-15 yang dibangun di dalam reruntuhan frigidarium Pemandian Romawi Diokletianus.

Beato Rosario Livatino bekerja sebagai jaksa penuntut di Sisilia menangani kegiatan kriminal Mafia sepanjang tahun 1980-an. Dia menghadapi apa yang kemudian disebut oleh orang Italia sebagai "Tangentopoli," sistem suap Mafia yang korup dan suap yang diberikan untuk kontrak pekerjaan umum.

Follow Berita iNews Ttu di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.