get app
inews
Aa Read Next : Bildad Thonak Daftar Calon Walikota Kupang dengan Seragam Advokat

Peran Community Officer BTPN Syariah dalam Membuka Akses bagi Kaum Ibu di Kupang

Selasa, 20 Desember 2022 | 21:07 WIB
header img
Alice Nait salah seorang Community Officer Bank BTPN Syariah Kupang yang tulus mendampingi nasabahnya hingga sukses. Foto : Ist.

KUPANGiNewsTTU.id- Sebagai Bank yang memiliki aspirasi besar dalam mewujudkan sharia digital ecosystem for unbanked, PT.BTPN Syariah kini telah melayani lebih dari 4,2 juta nasabah aktif yang tersebar di 2.600 kecamatan di 23 provinsi seluruh Indonesia.

Tentunya dalam membuka akses bagi masyarakat inklusi, PT.BTPN Syariah tidak lepas dari peran serta yang terletak di tangan para Community Officer (CO) atau Petugas Komunitas dalam mendampingi atau memberdayakan para nasabah terkhusus kaum perempuan dan para ibu, karena melalui peran CO, nasabah dibina dan didampingi mulai sejak awal proses, sehingga para ibu nasabah BTPN Syariah dapat mewujudkan mimpinya untuk hidup yang jauh lebih baik dan berarti.

Terpantau iNews.id, Selasa (20/12/2022), Setiap harinya, dengan mengendarai kendaraan roda dua dan masuk keluar daerah pinggiran hingga pelosok desa para CO ini tetap berkomitmen dengan tugas mulia mereka, meskipun dalam perjalanannya dipastikan menemui berbagai tantangan dalam mendampingi para ibu nasabah BTPN Syariah, namun dengan kesabaran, serta pendekatan humanis secara personal, menjadi kunci keberhasilan pendampingan bagi para ibu nasabah BTPN Syariah.

Peran CO ini dapat memberi makna yang nyata dengan memberi kesempatan ibu-ibu Indonesia agar semakin berdaya dan mewujudkan kehidupan mereka yang lebih berarti. Bahkan, bagi para CO ketika melakukan tugas, mereka menganggap para ibu nasabah layaknya ibu mereka sendiri, sehingga hubungan emosional dapat terbentuk dengan sendirinya secara berkelanjutan pada saat memberikan akses keuangan maupun pengetahuan setiap harinya.

Salah seorang Community Officer di Kupang yang telah bergabung sejak tahun 2014, Ester Alice Suryani Nait atau yang kerap disapa Alice, merupakan contoh nyata bagaimana para CO dengan sabar serta telaten, setiap harinya setia mendampingi kurang lebih lima kelompok nasabah yang semuanya beranggotakan kaum ibu, lokasi yang menjadi tanggung jawab Alice yakni daerah Kota Kupang dan Kabupaten Kupang yakni wilayah Penfui, Baumata, Naimata, dan Petuk.

"Melihat langsung perjuangan ibu-ibu yang awalnya tidak memiliki apa pun dalam kehidupannya, kemudian perlahan mengalami kemajuan lewat usaha yang dijalankan, menjadi kebahagiaan tak ternilai bagi saya," ujarnya.

Selama mendampingi para nasabah, Alice menanamkan sikap BDKS (Berani Berusaha, Disiplin, Kerja Keras, dan Saling Bantu) kepada nasabahnya agar berani belajar dan menerima tantangan.

“Jadi saya menempatkan diri juga sebagai orang yang sama-sama belajar. Dengan begitu, tidak ada kata salah, semua jadi harus berani mencoba,” Tambahnya.

Community Officer di BTPN Syariah semuanya kaum wanita, para CO ini diberi tempat tinggal bersama community officer lainnya agar lebih mudah menjangkau tempat nasabah, bonusnya juga mereka jadi memiliki "saudara perempuan baru" hal ini karena keterikatan emosional yang terpaut diantara semua CO BTPN Syariah, saling asah,asih, asuh menjadi kunci diantara mereka.

“Rasanya seru bisa mendapat teman kerja rasa keluarga, sama-sama saling support dalam menghadapi dinamika pekerjaan,” pungkas Alice.  

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut