get app
inews
Aa Read Next : Bildad Thonak Daftar Calon Walikota Kupang dengan Seragam Advokat

Sekolah Dasar Negeri Fatubena Kolhua Minim Fasilitas

Minggu, 11 Desember 2022 | 20:17 WIB
header img
Siswa Sekolah Dasar Negeri Fatubena, Kelurahan Kolhua, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, NTT. Foto : iNewsTTU.id/ Ist.

KUPANG,iNewsTTU.id- Ketua Komite Sekolah Dasar Negeri Fatubena Kelurahan Kolhua, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Marthen Bois mengeluhkan, minimnya fasilitas sekolah di sekolah itu, seperti ketiadaan ruang perpustakaan, ruang guru dan juga ruang kepala sekolah, padahal salah satu SDN di ujung wilayah Kolhua itu telah berdiri sejak 2011 silam.

"Sampai sekarang belum ada Perpustakaan, belum ada ruang guru juga ruang kepala sekolah tidak ada", keluh Bois, di sekolah itu Jumat, (09/12/2022) lalu.

Untuk mengatasi hal itu, tambah Ketua Komite, maka itu pihak sekolah mengakali ada satu ruang kelas digunakan untuk ruang guru, ruang kepala sekolah dan ruang perpustakaan.

Lebih lanjut Bois menguraikan sejarah awal berdirinya SDN Fatubena, ia mengisahkan ada beberapa sekolah yang ada di Kolhua, namun karena jarak ke pusat Kelurahan Kolhua yang cukup jauh sehingga menyulitkan warga untuk menyekolahkan anak-anak.

"Ini sekolah sudah cukup lama, sudah sejak 2011 tetapi awal berdiri 2009 waktu itu anak-anak masih menggunakan gedung Gereja Fatubena, karena jarak yang cukup jauh untuk mencapai sekolah- sekolah tersebut, adapun guru-guru yang mengajar saat itu dari Sekolah Dasar Negeri Bello, yakni ibu Rosmin Pello, Stef Mite dan guru-guru yang lain dari Bello," urainya.

Hal yang sama juga dibenarkan Kepala SDN Fatubena Yohanes Zakarias. Menurutnya bukan saja sarana dan prasarana yang kurang tetapi juga kurangnya tenaga pendidik. Sebab menurut Zakarias, saat ini hanya ada empat orang guru PNS dibantu lima orang tenaga honor Komite.

"Bukan saja Sarana prasarana. Tetapi kami juga kurang akan tenaga pengajar, hanya ada empat orang PNS dibantu lima tenaga honor komite," tambah Zakarias.

Ia berharap adanya perhatian dari Pemerintah Kota Kupang untuk persoalan yang terjadi di SDN Fatubena, yang saat ini total mempunyai siswa sebanyak sebanyak 68 orang.

Hampir banyak yang tidak mengetahui keberadaan salah satu Sekolah Dasar Negeri milik Pemerintah Kota Kupang, di perkampungan Fatubena, Kelurahan Kolhua, Kecamatan Maulafa Kota Kupang. Hal ini dikarenakan lokasi ini lumayan jauh dari pusat kota, bahkan berada di tengah-tengah wilayah Kecamatan Taebenu dan Kecamatan Nekamese Kabupaten Kupang.

Untuk datang ke wilayah ini, harus melintasi wilayah Kabupaten Kupang, sedangkan
Fatubena sendiri merupakan bagian dari RT 31/ RW 006 Kelurahan Kolhua, yang memiliki 32 kepala keluarga.(*)

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut