get app
inews
Aa Read Next : Sempat Divonis 5 Tahun Penjara,Terdakwa Kasus Penggelapan Dana CUKS Kefamenanu Bebas Demi Hukum

Diapit Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania, Ternyata Begini Dampak yang Dialami Indonesia

Minggu, 25 September 2022 | 10:27 WIB
header img
Diapit Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania, Ternyata Begini Dampak yang Dialami Indonesia. Foto Peta Indonesia/net


JAKARTA, iNewsTTU.id - Wilayah Indonesia terletak di antara dua samudra dan dua benua. Sebagai negara maritim, letak geografis Indonesia sangat strategis dimata Dunia

Bila dilihat dari wilayah daratannya, Wilayah Indonesia yang terdiri banyak pulau besar maupun pulau kecil. Kepulauan di Indonesia yang dikelilingi oleh wilayah perairan dipandang oleh bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan yang utuh.

Letak geografis merupakan kedudukan suatu tempat dibandingkan dengan daerah-daerah lain di sekitarnya. Letak geografis ini sering dinamakan dengan posisi relatif atau posisi yang sebenarnya dilihat dari daerah lain.

Dikutip dari buku “Ilmu Pengetahuan Sosial (Geografi, Sejarah, Sosiologi, Ekonomi) terbitan Grafindo Media Pratama, Letak geografis Indonesia dapat dilihat dengan :

>Indonesia terletak pada 6° LU-11° LS dan 95° BT-141° BT.
>Indonesia yang terletak di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia
>Indonesia terletak pada dua Samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik
>Wilayah Indonesia berada di daerah pertemuan dua rangkaian pegunungan muda, yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania.

Hal ini yang menyebabkan wilayah Indonesia memiliki banyak gunung berapi dan merupakan daerah rawan gempa.
Pengaruh dan Dampak Letak Geografis Indonesia Terdapat beberapa pengaruh dan dampak pada letak geografis Indonesia, baik itu dampak positif maupun dampak negatif.

Letak geografis banyak memberikan pengaruh pada masalah iklim, cuaca, politik, ekonomi, pariwisata, dan sosial budaya. Di aNtaranya sebagai berikut :

1. Iklim tropis yang bersifat lembab Indonesia memiliki tipe iklim tropis yang lembab, hal itu dikarenakan curah hujan yang rata-rata tahunannya relatif tinggi.

2. Bertiupnya angin muson Angin muson merupakan gerakan massa udara yang terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara antara benua dengan lautan.

Proses muson di Indonesia sangat dipengaruhi lokasi yang berada di antara dua benua dan dua samudra. Angin muson sendiri berhembus di wilayah Indonesia dan mengalami pergantian sebanyak dua kali dalam setahun.

3. Indonesia berada di posisi persilangan yang strategis Selain berpengaruh terhadap keadaan iklim, letak geografis Indonesia juga sangat memengaruhi hal-hal berikut :

-Kawasan Indonesia yang menjadi tempat bertemunya kebudayaan-kebudayaan dari negara lain, seperti kebudayaan Hindu, Buddha, Islam, Kristen, Konghucu, dan sebagainya.

-Letak wilayah Indonesia sangat menguntungkan secara ekonomi, hal ini dikarenakan Indonesia terletak di persimpangan jalur lalu lintas perdagangan dunia.

4. Kondisi ekonomi di Indonesia Pengaruh letak geografis Indonesia juga dapat dilihat dari sektor ekonomi. Posisinya yang strategis membuat Indonesia sering kali dijadikan jalur perdagangan dunia. Hal ini jelas akan menimbulkan dampak positif bagi keadaan ekonomi di Indonesia.

5. Pariwisata di Indonesia Keuntungan lainya dari letak geografis Indonesia, terdapat pada sektor pariwisata. Hal ini disebabkan karena letaknya yang strategis dan didukung iklim yang tropis, serta posisinya yang dekat lautan.

6. Keanekaragaman alam di Indonesia Dampak positif lainnya dapat dilihat dari banyaknya keanekaragaman alam di Indonesia. Persebaran flora dan fauna di Indonesia pun sangat bervariasi, sehingga menjadi daya tarik Indonesia di dunia Internasional.

Itulah penjelasan tentang letak geografis Indonesia serta dampak dan pengaruhnya bagi Indonesia. Semoga penjelasan di atas dapat membantu kalian dalam memahami pelajaran geografi ya!

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Letak Geografis Indonesia Lengkap dengan Pengaruh dan Dampaknya ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/letak-geografis-indonesia-lengkap-dengan-pengaruh-dan-dampaknya/all.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut