Kekeringan Ekstrem, Brimobda NTT Bagi Ribuan Liter Air Steril dan Siap Konsumsi

Eman Suni
.
Kamis, 22 September 2022 | 19:47 WIB
Warga Penfui Timur antri untuk mendapatkan Air Bersih yang dibagi oleh Brimob Polda NTT. Kamis (22/9/2022). Foto: Eman Suni/ Inews Tv

KUPANG, iNewsTTU.id--Musim kemarau yang berdampak pada kekeringan ekstrim menyebakan sejumlah wilayah di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur mengalami krisis air bersih. Satuan Brimob Polda NTT pun mulai membantu mendistribusikan ribuan  liter air bersih yang telah steril dan bisa langsung diminum bagi warga terdampak.

Pembagian air bersih ini dilaksanakan di Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, kabupaten Kupang, yang sering mengalami krisis air bersih disaat musim kemarau.

Adelina Tael, salah satu Warga mengaku sangat senang, karena daerah ini belum ada jaringan air bersih yang masuk, dan selama ini warga hanya mengandalkan beli air tangki sebanyak 2 hingga 5  tangki perbulan untuk kebutuhan air bersih. 

"Kami setiap kali musim kemarau sumur biasa kering, dan  karena disini belum ada jaringan air bersih,  sehingga harus beli Tengki, dan  untuk 1 bulan bisa 2 sampai 5 tengki, jadi dengan bantuan ini kami sangat senang," kata Adelina.

Uniknya, bantuan air bersih ini, adalah bantuan air yang sudah steril dan siap konsumsi, karena telah melalui proses penyulingan dengan mengerahkan dua unit mobil tangki brimob, yaitu mobil water treatment, dan mobil watergen, dengan kapasitas ribuan liter. 

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini