get app
inews
Aa
Read Next : Peduli Kesehatan, Yonkav Naga Karimata Sumbang AC dan Renovasi Klinik Kesehatan di Eban TTU

Kampung Adat Tempat Ritual Pasola di NTT Hangus

Selasa, 20 September 2022 | 08:54 WIB
header img
Kampung adat wainyapu di Sumba Barat Daya terbakar, 8 rumah ludes tinggal puing - Foto : Tangkapan layar

SUMBA BARAT DAYA, INEWSTTU.ID –Sebanyak 8 unit rumah Adat di Kampung adat Wainyapu, Kecamatan Kodi Balaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT ludes terbakar, (20/9/2022) dini hari

Akibat kebakaran itu, 8 rumah adat khas Sumba tinggal puing – puing.

Hingga kini masih belum diketahui pasti sebab musabab atau asal api yang kemudian mengakibatkan kerusakan rumah adat, juga benda – benda warisan leluhur lainnya seperti batu kubur, gong, tombak, parang pusaka dan lainnya.

Sejak beberapa jam lalu media sosial ramai menanggapi postingan foto dan video terjadinya kebakaran di Kampung adat , yang setiap tahunnya menjadi salah satu kampung yang terlibat dalam ritual pasola itu.

Akun Facebook Nelis Mete misalnya, selain memposting foto juga menuliskan narasi berisikan duka mendalam akan peristiwa kebakaran itu. Disebutkannya kampung adat Wainyapu merupakan situs yang masih alamiah atau masih perawan.

Hingga kini belum ada keterangan resmi dari pejabat atau instansi terkait perihal jumlah pasti rumah yang terdampak.

Hingga berita ini diturunkan belum ada informasi korban jiwa ataupun luka – luka dari peristiwa pilu kebakaran rumah ada tyang dominan menggunakan bahan alamiah seperti ilalang, bambu dan kayu tanpa meterial besi ataupun beton itu.

https://sumba.inews.id/read/173476/breaking-news-kebakaran-di-kampung-adat-wainyapu-8-rumah-tinggal-puing?utm_medium=sosmed&utm_source=whatsapp

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut