Logo Network
Network

Jadi Tuan Rumah PON 2028, NTT Siapkan Venue Pertandingan Sesuai Standar Internasional

Seth Besie
.
Sabtu, 17 September 2022 | 13:50 WIB
Jadi Tuan Rumah PON 2028, NTT Siapkan Venue Pertandingan Sesuai Standar Internasional
Jadi Tuan Rumah PON 2028, NTT Siapkan Venue Pertandingan Sesuai Standar Internasional. Foto: seth

KUPANG, iNewsTTU.id--Jadi tuan rumah PON XII Tahun 2028, Provinsi Nusa Tenggara Timur bersama dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat akan mempersiapkan venue-venue yang berstandar internasional.

Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi (JNS) mengatakan Sesuai aturan, penetapan Tuan Rumah PON minimum enam tahun sebelum dilaksanakan.

"Puji Tuhan, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat  ditetapkan secara resmi sebagai Tuan Rumah Bersama PON XII Tahun 2028. Saya bersama Bapak Gubernur menyampaikan terima kasih atas segala dukungan dari seluruh komponen masyarakat Nusa Tengara Timur sehingga kita bisa menjadi tuan rumah event olah terbesar di tanah air ini," kata Wagub Josef Nae Soi (JNS) saat konferensi pers bersama para awak media di Kantor Gubernur, Jumat (16/9).

Menurut Wagub JNS, penetapan ini mesti diikuti dengan langkah-langkah persiapan, baik itu terkait kesiapan masyarakat untuk menerima para atlet dari seluruh Indonesia, akomodasi maupun venue-venue dengan standar internasional.

"Kita harus mempersiapkan venue-venue supaya diakui oleh dunia internasional. Akan ada tim dari International Olympic Commitee (IOC) untuk melakukan penilaian dan sertifikasi terhadap venue-venue yang ada sehingga ketika ada atlet yang memecahkan rekor dunia, bisa diakui dunia internasional,"kata Ketua KONI NTT tersebut.

"Kita juga akan mempersiapkan atlet-atlet kita sehingga bisa memberikan prestasi yang optimal serta  memperbaiki posisi kita di klasmen perolehan medali serta mempersiapkan mereka untuk bertanding secara sportif ,"lanjut Wagub Nae Soi.

Wagub menjelaskan sesuai kesepakatan dan komunikasi  yang sudah dibangun dengan NTB, pembukaan PON akan dilaksanakan di NTT.

"Venue-venue yang sudah ada sekarang akan kita perbaiki dan tingkatkan dengan anggaran dari APBD dan APBN. Juga kita akan mencari sponsor dari pihak ketiga. Kegiatan persiapan ini sudah mulai dilakukan tahun depan. Mulai tahun depan kita akan menyelenggarakan pertandingan-pertandingan  olahraga bertaraf nasional dan internasional sebagai bagian dari persiapan kita menuju tahun 2028. Kita juga akan membangun stadion besar untuk acara pembukaan nanti,"jelas Wagub JNS.

Terkait dukungan dari DPRD, Wakil Ketua DPRD NTT, Inche Sayuna menjelaskan DPRD NTT mendukung penetapan NTT dan NTB sebagai tuan rumah PON 2028.

"Khusus NTT sebagai tuan rumah, kita sudah mulai memikirkan untuk menganggarkan dana cadangan di APBD mulai tahun 2023 untuk mencapai angka yang cukup bagi persiapan NTT sebagai tuan rumah," jelas Inche Sayuna.

Seperti diketahui, Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) dari KONI Pusat telah melakukan pengecekan dan verifikasi kesiapan NTT pada tanggal 23 sampai dengan 28 Agustus 2022. TPP didampingi pengurus KONI NTT telah mengunjungi beberapa kabupaten/kota di NTT untuk melihat venue-venue yang ada.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News

Bagikan Artikel Ini