get app
inews
Aa Read Next : Jalan Nyungas Utara di Bolivia, Keindahan yang Memukau Namun Mengancam Ajal

Tahukah Anda, Danau Terluas di Indonesia?

Minggu, 11 September 2022 | 16:05 WIB
header img
Danau Toba merupakan salah satu danau terluas di Indonesia. (foto: Instagram/@Tobasamosir)

JAKARTA, iNewsTTU.id – Deretan danau terluas di Indonesia patut dijadikan referensi destinasi wisata bagi Anda yang suka travelling. Indonesia memang memiliki banyak danau yang luas dan dalam. Hal ini karena Indonesia dikelilingi gunung api.

Danau terbentuk selain karena faktor alam seperti gunung meletus dan gempa, ada juga danau buatan yang sengaja dibuat untuk kepentingan masyarakat. 

Danau yang terbentuk karena faktor alam akibat letusan gunung dan gempa atau danau vulkanik-tektonik di antaranya Danau Toba. 

Ada juga danau kawah. Melansir data dari esdm.go.id, danau kawan terbentuk akibat penurunan dasar kawah atau kaldera yang kemudian terisi oleh air meteorik.

Dapat terjadi pada gunung api yang masih aktif ataupun yang sudah tidak aktif lagi; air danau bisa bersifat netral maupun asam. Istilah lainnya adalah danau kawah dan danau kaldera. Danau jenis ini di antaranya Danau Kelimutu, Rinjani, Kawah Ijen, Telaga Warna dan Danau Batur.

Sedangkan danau karena buatan di antaranya Waduk Gajahmungkur, Waduk Jatiluhur, Waduk Cacaban dan lain-lainnya.

Berikut daftar 16 danau terluas di Indonesia yan memiliki pesona alam menakjubkan dan layak dijadikan destinasi wisata saat libur tiba:

1. Danau Toba
Danau terluas di Indonesia pada urutan pertama adalah Danau Toba. Danau ini terbentuk  secara alami akibat letusan yang berada di kaldera Gunung Supervulkan. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer (62 mil), lebar 30 kilometer (19 mi), dan kedalaman 505 meter (1657 ft). Letaknya di tengah pulau Sumatera bagian utara dengan ketinggian permukaan sekitar 900 meter. Selain itu kedalaman mencapai 505 meter sehingga Danau Toba menjadi danau terdalam kedua di Indonesia dan urutan terdalam ke 15 di dunia. 

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut