Banjir Lahar Dingin Gunung Lewotobi Terjang Pemukiman Dulipali dan Klatanlo

*Joni Nura
Banjir Lahar Dingin Gunung Lewotobi Terjang Pemukiman Dulipali dan Klatanlo, Flores Timur NTT. Foto: Joni Nura/iNewsTV

Flotim, iNewsTTU.id- Banjir lahar dingin dari Gunung Lewotobi Laki-Laki menerjang pemukiman di Desa Dulipali, Kecamatan Ile Bura, dan Desa Klatanlo, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Sabtu, 27 Juli 2024 sekitar pukul 16.00 WITA. Kejadian ini menyebabkan kepanikan di kalangan warga, yang berlarian menuju jalan negara trans Flores untuk menyelamatkan diri.

Kejadian ini mengejutkan warga Desa Dulipali dan Klatanlo karena hujan yang turun tidak terlalu lebat, namun aliran banjir yang deras dari arah Gunung Lewotobi Laki-Laki mengalir deras dan melumpuri pemukiman mereka. Beberapa warga di Dusun Tuakwiki dan Dusun Duri, Desa Dulipali, segera berkemas untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.

Sekitar satu jam kemudian, aliran banjir mulai mengecil dan mengering, meninggalkan tumpukan material yang terbawa banjir. Rombongan Pemerintah Kabupaten Flores Timur yang kebetulan melintasi daerah tersebut pun menyempatkan diri untuk memantau keadaan.

Kondisi serupa terjadi di Dusun B, Desa Klatanlo, di mana banjir lahar dingin juga menyebabkan endapan lumpur tebal di beberapa ruas jalan dan halaman penduduk meskipun airnya mulai mengering.

Peristiwa ini menambah kewaspadaan warga terhadap potensi bencana alam yang bisa terjadi sewaktu-waktu, mengingat daerah mereka berada di sekitar gunung berapi aktif. Pemerintah setempat diharapkan segera mengambil langkah-langkah mitigasi untuk mengantisipasi terulangnya kejadian serupa dan memastikan keselamatan warga.



Editor : Sefnat Besie

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network