Danrem 161 Wira Sakti pimpin Apel Gelar Pengamanan Pemilu Tahun 2024 di Kupang

Rudy Rihi
Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, memimpin Apel Gelar Pasukan secara serentak dalam rangka Kesiapan TNI pada Pengamanan Pemilu 2024. Foto : Ist

KUPANG, iNewsTTU.id-Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, memimpin Apel Gelar Pasukan secara serentak dalam rangka Kesiapan TNI pada Pengamanan Pemilu 2024 di Lapangan Makorem 161/Wira Sakti Jl. W.Z Lalamentik Oebufu Kota Kupang Kamis, (01/02/2024).

Apel Gelar yang dihadiri Danlantamal VII/Kupang Laksma TNI I Putu Darjatna dan Danlanud El Tari Kupang Marsma TNI Djoko Hadipurwanto ini tersambung secara langsung dengan Apel Gelar Pasukan yang dipimpin oleh Panglima TNI, Jendral TNI Agus Subiyanto melalui Video conference 

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, dalam amanatnya yang di bacakan Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, menyampaikan pentingnya Pemilu Tahun 2024 bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

"Kenapa di katakan sangat penting, karena pada saat inilah seluruh rakyat Indonesia akan memilih Presiden, Wakil Presiden dan wakil-wakil Rakyat yang duduk di Lembaga Legislatif," Jelas Pangdam IX/Udayana.

Pangdam IX/Udayana juga menyampaikan bahwa Pemilu bukan sekedar edukasi demokrasi, tetapi juga merupakan sarana integrasi bangsa, yang harus kita kawal penyelenggaraannya sebagai perekat persatuan. 

"Karena sifatnya yang strategis bagi keberlangsungan kehidupan bernegara, maka kesuksesan penyelenggaraan Pemilu mutlak menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa khususnya TNI sebagai aparat negara, jaminan Pemilu berjalan dengan aman, damai dan lancar harus dapat terimplementasi secara nyata," Terangnya.

Lebih lanjut, Pangdam IX/Udayana memerintahkan Jajaran Kodam IX/Udayana guna mengantisipasi terjaminnya kondusifitas di wilayah Kodam IX/Udayana.

"Maka saya perintahkan agar masing-masing satuan menyiapkan 1 SST lengkap dengan perlengkapan PHH bagi yang memiliki dan 1 SST tanpa perlengkapan PHH bagi satuan yang belum memiliki yang siap untuk dioperasionalkan. Berikan bekal dan latihan kemampuan sesuai prosedur yang berlaku di lingkungan TNI," Tegasnya.

Selain itu, yang tidak kalah penting adalah, optimalkan peran unsur Penerangan Satuan untuk masif mempublikasikan kegiatan positif yang telah dilakukan masing-masing satuan dalam rangka counter opini terhadap upaya mendeskreditkan eksistensi TNI. Edukasi masyarakat dengan memanfaatkan media massa maupun media digital secara tepat guna, efektif, efesien dan up to date.

Dalam apel gelar pasukan ini, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, memberikan penekanan kepada seluruh jajaran

" Perlu saya tekankan bahwa peran aktif seluruh jajaran sangat dibutuhkan dalam mengawal dan menjaga jalannya proses Pemilu Serentak dengan meningkatkan kewaspadaan serta lebih peka terhadap perkembangan situasi yang dapat mengganggu stabilitas keamanan. Kedepankan prinsip netralitas dan senantiasa menggaungkan Pemilu damai. Jaga nama baik atau citra TNI dalam sikap maupun perilaku di kehidupan bermasyarakat serta tunjukan sikap TNI manunggal dengan rakyat yang kehadirannya menjadi solusi bagi rakyat. Tingkatkan sinergitas dengan seluruh Stakeholder terkait, serta komponen masyarakat dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah masing-masing.Bangun komunikasi sosial yang harmonis dalam berinteraksi, ciptakan ikatan emosional yang kuat dengan rakyat sebagai ibu kandung TNI", jelas Pangdam IX/Udayana

Diakhir amanatnya, Pangdam IX/Udayana juga memberikan penekanan bahwa TNI harus tetap menjadi alat negara yang profesional, netral serta tetap fokus pada tugas pokoknya, yaitu menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan segenap bangsa serta tumpah darah Indonesia.

Usai Apel gelar pasukan, Danrem 161/Wira Sakti, Danlantamal VII Kupang dan Danlanud El Tari Kupang melaksanakan pemeriksaan kesiapan personel dan materiil dalam Pengamanan Pemilu Tahun 2024, selanjutnya mengikuti Vicon bersama Panglima TNI.

Hadir pada kegiatan apel gelar pada pagi ini, Kasrem 161/Wira Sakti, Dandim 1604/Kupang, Para Danka Balak Aju Kodam IX/Udayana, Pejabat Utama Lantamal IV/Kupang, Pejabat Utama Lanud El Tari Kupang, Para Komandan Satuan jajaran Brigif 21/Komodo, serta prajurit  TNI AD,AL dan AU.

Editor : Sefnat Besie

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network