Waspada, Ada Wabah Baru pada Anjing Selain Rabies Sudah Muncul di AS

Ahmad Islamy Jamil / Sefnat Besie
Anjing-Anjing di AS Terserang Penyakit Pernapasan Misterius, Wabah Apa? Seekor anjing sedang bersama majikannya menikmati suasana kota (ilustrasi). (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNewsTTU.id--Penyakit pernapasan misterius menyerang anjing di setidaknya 14 negara bagian Amerika Serikat, demikian yang diungkapkan oleh laporan Asosiasi Kedokteran Hewan Amerika (AVMA). Organisasi ini mendesak para dokter hewan untuk melaporkan kasus-kasus tersebut dan laboratorium berupaya mengisolasi patogen tersebut.

Belum jelas apakah penyakit yang menyebabkan kematian pada anjing ini disebabkan oleh virus atau bakteri. Peneliti juga mencari tahu apakah ini merupakan varian dari penyakit anjing yang dikenal sebagai "batuk kennel". Gejalanya termasuk batuk yang berlangsung selama empat hingga enam minggu, dapat berupa bronkitis ringan atau berkembang menjadi pneumonia dalam waktu 24 hingga 36 jam.

Sementara ada sedikit indikasi bahwa penyakit ini bisa menular ke manusia, dokter hewan memperingatkan pemilik anjing, terutama pada musim liburan di Amerika Serikat, di mana hewan peliharaan seringkali ikut bepergian bersama keluarga.

Negara Bagian Oregon melaporkan sekitar 200 kasus, dan beberapa negara bagian lain juga melaporkan kasus tanpa sebab yang jelas. Meskipun telah berbulan-bulan, AVMA meningkatkan peringatannya baru-baru ini, mengingat musim liburan yang bisa meningkatkan mobilitas hewan peliharaan.

Departemen Pertanian Oregon bekerja sama dengan laboratorium untuk mengidentifikasi penyebab penyakit ini, sementara di Colorado, penyakit ini terkait dengan beberapa kematian dan pneumonia parah. Meskipun masih banyak yang tidak diketahui, AVMA merekomendasikan vaksinasi terkini dan bantuan dokter hewan segera setelah anjing menunjukkan gejala.

 

 

Editor : Sefnat Besie

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network