Badai Otis Terjang Meksiko Selatan, Ancam Wilayah Pesisir

Susi Susanti/Sefnat
Badai Otis menghantam Meksiko (Foto: Reuters)


Meksiko, iNewsTTU.id - Badai Otis, yang tergolong dalam kategori lima dan sangat berbahaya, telah mendarat di Meksiko selatan. National Hurricane Center (NHC) melaporkan bahwa Otis mencapai pantai dekat resor populer Acapulco tepat setelah tengah malam pada Rabu (25/10/2023) pukul 06:25 GMT, dengan kecepatan angin badai mencapai 165mph (sekitar 270km/jam).

NHC telah mengeluarkan peringatan tentang potensi "gelombang destruktif" dan banjir besar yang mengancam wilayah pesisir, termasuk Acapulco. Peringatan badai berlaku sepanjang garis pantai selama sekitar 350 km, dari kota pesisir Zihuatanejo hingga Punta Maldonado di negara bagian Guerrero.

Badai Otis akan menyebabkan curah hujan tinggi hingga 20 inci (sekitar 51 cm) pada Jumat (27/10/2023) di seluruh wilayah Guerrero dan pesisir barat negara bagian Oaxaca yang berdekatan.

Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador, telah mengimbau warga untuk segera mencari tempat perlindungan darurat dan menjauh dari sungai, sungai kecil, serta jurang.

Langkah-langkah pencegahan telah diambil, termasuk pembatalan kelas di seluruh negara bagian dan persiapan tempat penampungan darurat oleh pihak berwenang Guerrero.

Tentara telah dikerahkan untuk patroli di sepanjang pantai Acapulco sebagai upaya pencegahan. Beberapa hari sebelumnya, wilayah pesisir Pasifik Meksiko telah dilanda banjir besar akibat Badai Tropis Max, yang mengakibatkan dua kematian di Guerrero. Badai Lidia juga melanda negara bagian Nayarit di barat laut Guerrero, menewaskan satu orang.

Badai Otis dianggap sebagai ancaman serius bagi wilayah pesisir Meksiko selatan, dan masyarakat diimbau untuk mematuhi peringatan dan petunjuk keselamatan yang diberikan oleh pihak berwenang.

 

Editor : Sefnat Besie

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network