10 Bahaya Asap Rokok bagi Anak yang Wajib Diwaspadai

Thia Rahmani/Rivo
Bahaya asap rokok bagi anak patut diperhatikan.Merokok telah lama menjadi isu kesehatan global yang serius. Foto: Dok

JAKARTA, iNewsTTU.id - Bahaya asap rokok bagi anak patut diperhatikan.Merokok telah lama menjadi isu kesehatan global yang serius. Sayangnya, banyak orang yang masih mengabaikan bahaya asap rokok bagi anak serta lingkungan sekitar.

Padahal, asap rokok bukan hanya berdampak buruk bagi perokok aktif, tetapi juga bagi mereka yang menjadi perokok pasif, terutama anak-anak.

Berikut ini ada penjelasan bahaya asap rokok bagi anak-anak yang perlu kita ketahui. 

1. Masalah Pernapasan

Anak-anak yang terpapar asap rokok memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah pernapasan, seperti asma, bronkitis, dan infeksi saluran napas. Paru-paru mereka yang masih berkembang sangat rentan terhadap zat beracun dalam asap rokok.

2. Penyakit Jantung

Asap rokok mengandung sejumlah zat kimia berbahaya yang dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan masalah jantung pada anak-anak. Bahkan, risiko serangan jantung akan semakin meningkat saat mereka dewasa jika terpapar asap rokok sejak kecil.

3. Gangguan Pertumbuhan dan Perkembangan

Anak-anak yang terpapar asap rokok cenderung mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan fisik maupun mental. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka di masa dewasa.

4. Risiko Kanker

Paparan asap rokok pada anak-anak juga meningkatkan risiko mereka mengembangkan kanker, baik saat mereka masih kecil maupun nanti di masa dewasa. Kanker paru-paru, kanker mulut, dan kanker tenggorokan adalah contoh kanker yang berpotensi muncul.

5. Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh

Anak-anak yang terpapar asap rokok cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Akibatnya, mereka menjadi lebih rentan terhadap berbagai infeksi dan penyakit.

6. Masalah Kognitif 

Paparan asap rokok dapat berdampak negatif pada kemampuan kognitif anak-anak, seperti memori, perhatian, dan belajar. Hal ini dapat mengganggu prestasi akademis mereka di sekolah.

7. Risiko Kematian Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) 

Bayi yang terpapar asap rokok, terutama saat masih dalam kandungan atau setelah lahir, berisiko lebih tinggi mengalami SIDS. SIDS adalah kondisi kematian mendadak pada bayi yang tampak sehat sebelumnya.

8. Masalah Kesehatan Mental 

Selain dampak fisik, bahaya asap rokok bagi anak juga dapat berkontribusi pada masalah kesehatan mental pada anak-anak. Mereka mungkin lebih cenderung mengalami kecemasan, depresi, dan gangguan perilaku.

9. Perilaku Meniru 

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang dewasa di sekitar mereka, termasuk merokok. Jika mereka melihat perokok di lingkungan mereka, mereka mungkin tertarik untuk mencoba merokok di usia yang lebih muda.

10. Lingkungan yang Tidak Sehat 

Paparan asap rokok juga menciptakan lingkungan yang tidak sehat bagi anak-anak. Asap rokok dapat bertahan di udara dan di permukaan, meningkatkan risiko anak-anak terpapar bahaya tersebut bahkan ketika tidak ada yang merokok di sekitar mereka.

Inilah bahaya asap rokok bagi anak-anak sangat serius dan harus menjadi perhatian bersama. Dengan menyadari risiko yang ditimbulkan, kita dapat bersama-sama melindungi anak-anak dari bahaya asap rokok dan memberikan mereka kesempatan untuk tumbuh dan berkembang dengan sehat dan bahagia.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network