Raih Rekor MURI, Ini 7 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Rizky Darmawan
Tercatat beberapa jalan tol terpanjang di Indonesia yang bisa diketahui. Foto DOK BPJT

4. Jalan Tol Cikampek - Palimanan Kembali ke Pulau Jawa, Jalan tol yang kerap disebut Tol Cipali ini memiliki panjang 116,75 km. Jalan ini melintasi Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon. Pengerjaannya dilakukan oleh PT Lintas Marga Sedaya dan telah diresmikan pada Juni 2015.

5. Jalan Tol Pekanbaru – Dumai Jalan tol ini masih termasuk ke dalam Trans Sumatera. Panjang dari jalan ini mencapai 131,69 km dengan enam simpang susun yaitu Minas, Kandis Selatan, Kandis Utara, Duri Selatan, Duri Utara, dan Duri. Pada September 2022, Presiden Joko Widodo meresmikan tol ini secara virtual. Terdapat lima terowongan di jalan ini yang berfungsi sebagai perlintasan hewan.

6. Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar Jalan yang mencapai panjang 140,41 km ini merupakan tol terpanjang ke dua di Indonesia. Terdapat sembilan simpang susun di tol ini yakni, Bakauheni, Kalianda, Sidomulyo, Lematang, Kotabaru, Natar, Metro, Gunung Sugi, dan Terbanggi Besar. PT Hutama Karya merupakan perusahaan yang bertanggung jawab atas terbangunnya jalan ini. Peresmiannya sendiri dilakukan pada 21 Januari oleh Presiden Joko Widodo.



Editor : Sefnat Besie

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network