get app
inews
Aa Read Next : Tim Kuasa Hukum Eusabius Binsasi Apresiasi Bawaslu, Dorong Transparansi dalam Penyelidikan

Siswa SMK Oeolo Sukses Konversi Motor Bahan Bakar Minyak Menjadi Tenaga Listrik

Rabu, 11 September 2024 | 12:46 WIB
header img
Siswa SMK Oeolo Sukses Konversi Motor Bahan Bakar Minyak Menjadi Tenaga Listrik. Foto: iNewsTTU.id/Sefnat Besie

KEFAMENANU, iNewsTTU.id--Siswa SMK Oeolo, di Kecamatan Musi, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), NTT berhasil mengonversi sepeda motor berbahan bakar minyak menjadi motor listrik

Pengerjaan ini melibatkan empat siswa kelas 11, yang dipimpin oleh Arnol Bani, dan dikerjakan selama satu minggu. 

Motor yang dikonversi adalah tipe Honda Beat, dan ini merupakan salah satu inovasi terbaru dari SMK Oeolo dalam bidang teknologi otomotif.

Menurut guru pembimbing, Filipe Araujo, hal ini merupakan bagian dari upaya sekolah untuk mendukung pengembangan teknologi ramah lingkungan dan memberikan pengalaman nyata kepada siswa dalam mengaplikasikan ilmu yang mereka pelajari di kelas. 

"Kami sangat bangga dengan hasil kerja keras para siswa. Ini adalah langkah awal yang baik untuk pengembangan lebih lanjut dalam teknologi kendaraan listrik," ujar Filipe.

Filipe menambahkan bahan pendukung yang digunakan untuk coversi sepeda motor  berbahan bakar fosil menjadi tenaga listrik seperti Batre kontroler, dinamo dan converter.

Dikatakan, Motor listrik hasil konversi ini rencananya akan diikutsertakan dalam pameran HUT Kota Sari, Kabupaten TTU, sebagai bagian dari promosi inovasi lokal. 

Arnol Bani, salah satu siswa yang terlibat dalam konversi ini, mengungkapkan bahwa mereka sangat antusias dapat berkontribusi dalam perkembangan teknologi hijau.

 "Kami berharap proyek ini bisa memberikan inspirasi kepada siswa lain dan masyarakat mengenai pentingnya transisi ke energi yang lebih bersih," kata Arnol.

Dengan keberhasilan ini, SMK Oeolo terus berupaya mendorong inovasi lain yang dapat memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut