get app
inews
Aa Read Next : Tim Kuasa Hukum Eusabius Binsasi Apresiasi Bawaslu, Dorong Transparansi dalam Penyelidikan

Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat dan Solar Chapter Wujudkan Akses Air Bersih di Desa Tasinifu

Jum'at, 23 Agustus 2024 | 06:21 WIB
header img
Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat dan Solar Chapter Wujudkan Akses Air Bersih di Desa Tasinifu. Foto istimewa

KEFAMENANU, iNewsTTU.id--Menjelang akhir masa tugasnya, Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-RDTL Sektor Barat dari Yonkav 6/Naga Karimata bekerja sama dengan Solar Chapter berhasil meresmikan pembangunan akses air di Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 22 Agustus 2024. 

Upaya ini merupakan bagian dari program Merdeka Air yang bertujuan untuk menyediakan akses air bersih bagi masyarakat di perbatasan RI-RDTL.

Desa Tasinifu selama ini menghadapi kesulitan besar dalam mendapatkan air bersih, dengan warga harus berjalan kaki sejauh 3 hingga 4 kilometer ke sungai terdekat. 

Melalui laporan berjenjang dari Danpos Aplal, Dansatgas Yonkav 6/Naga Karimata, Letkol Kav Ronald Tampubolon mengajukan Desa Tasinifu sebagai target program Merdeka Air pada tahun 2023. 

Selanjutnya Solar Chapter menyetujui usulan tersebut, dan realisasi pembangunannya dimulai pada pertengahan Agustus 2024.

Pembangunan akses air ini melibatkan seluruh elemen masyarakat dan Satgas Yonkav 6/Naga Karimata, dengan membangun bak penampungan air, bak reservoir, pemasangan panel surya, pompa, serta pipa sepanjang 1,3 kilometer. 

Sehari sebelum Hari Kemerdekaan, pekerjaan selesai sepenuhnya, dan air dari sungai kini dapat dialirkan ke bak reservoir untuk kemudian disalurkan ke rumah-rumah warga.

Dansatgas Yonkav 6/Naga Karimata berharap bahwa program Merdeka Air ini akan membawa perubahan positif jangka panjang bagi warga Desa Tasinifu. 

"Dengan adanya akses air bersih yang berkelanjutan, diharapkan kualitas hidup masyarakat akan meningkat secara signifikan,"harap Letkol Kav Ronald Tampubolon, Dansatgas Pamtas RI-RDTL sektor Barat. 

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut