get app
inews
Aa Read Next : Kapolda NTT Apresiasi Fashion Carnaval Budaya di Kupang

Hati-hati, Gunung Api Kelimutu Flores Naik Status ke Waspada

Sabtu, 25 Mei 2024 | 09:21 WIB
header img
Hati-hati, Gunung Api Kelimutu Flores Naik Status ke Waspada. Foto:istimewa

ENDE, iNewsTTU.id--Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi mengeluaran infomasi terkait dengan perubahan status pada aktifitas Gunung Kelimutu di Ende, Nusa Tenggara Timur.

Hasil pemantauan visual dan instrumental menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas Gunung Sehingga tingkat aktivitas Gunung Kelimutu dinaikkan dari Level I (Normal) ke Level II (Waspada) terhitung mulai tanggal 24 Mei pukul 13.00 WITA

Siaran pers yang diterima Jumat, 24 Mei 2024 malam dijelaskan dalam tingkat aktivitas Level II (Waspada), masyarakat/pengunjung di sekitar Gunung Kelimutu agar tidak berada di sekitar area kawah dalam radius 250 m dari tepi kawah (Gambare).

Pemantauan secara intensif untuk mengevaluasi aktivitas Gunung Kelimutu tetap dilakukan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Masyarakat di sekitar Gunung Kelimutu agar tetap tenang tidak terpancing oleh berita-berita yang tidak bertanggungjawab mengenai aktivitas Gunung Kelimutu

Pemerintah Daerah Kabupaten Ende agar senantiasa berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung atau dengan Pos Pengamatan Gunung Kelimutu di Kampung Kolorongo, Desa Koa Nora, Kabupaten Ende untuk mendapatkan informasi tentang aktivitas Gunung Kelimutu.

Masyarakat maupun pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya dapat memantau perkembangan aktivitas dan rekomendasi G. Kelimutu melalui aplikasi Magma Indonesia.

Tingkat aktivitas Gunung  Kelimutu akan dievaluasi kembali secara berkala maupun jika terjadi perubahan yang signifikan. Tingkat Aktivitas dianggap tetap jika evaluasi berikutnya belum dikeluarkan.

 

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut