get app
inews
Aa Read Next : Kakanwil Kumham NTT Apresiasi Jajarannya yang Langsung Bekerja usai Libur Panjang

Dirut PLN Inspeksi Kesiapan Layanan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik untuk Mudik Lebaran 2024

Senin, 08 April 2024 | 20:02 WIB
header img
Dirut PLN Inspeksi Kesiapan Layanan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik untuk Mudik Lebaran 2024. Foto Istimewa


Tangerang, iNewsTTU.id - Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, memastikan kesiapan layanan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di seluruh wilayah Indonesia untuk mendukung mudik Lebaran tahun ini.
Dalam inspeksi langsung di beberapa lokasi jalur mudik, Darmawan menegaskan bahwa SPKLU sudah beroperasi penuh di seluruh rest area di jalur tol Trans Sumatra-Jawa.

"Pada mudik tahun-tahun sebelumnya, SPKLU hanya terdapat pada rest area tertentu saja. Sekarang, setiap rest area ada SPKLU yang siap melayani kebutuhan pemudik," ujar Darmawan.

PLN telah menambah 175 unit SPKLU di berbagai titik jalur mudik Jawa dan Sumatra, sehingga secara nasional, terdapat 1.299 unit SPKLU di 879 lokasi yang siap melayani pengguna mobil listrik di seluruh Indonesia.

Lokasi sebaran SPKLU tersebut telah dipetakan dengan cermat, dengan jarak rata-rata antar SPKLU sekitar 23 km, memastikan ketersediaan fasilitas pengisian baterai untuk pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

Selain SPKLU untuk kendaraan roda empat, PLN juga menyediakan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) dan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) untuk kendaraan roda dua. Semua lokasi SPKLU, SPBKLU, dan SPLU dapat diakses melalui menu Electric Vehicle pada Aplikasi PLN Mobile, untuk memudahkan pengguna kendaraan listrik.

Hingga H-3 Idul Fitri 1445 H, PLN mencatat peningkatan signifikan dalam transaksi penggunaan SPKLU oleh masyarakat, dengan jumlah transaksi meningkat hingga lima kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Konsumsi daya juga meningkat 5,2 kali lipat, menunjukkan adopsi yang tinggi terhadap kendaraan listrik.

PLN juga menghadirkan fitur-fitur baru dalam Aplikasi PLN Mobile, seperti Trip Planner yang memberikan rekomendasi titik-titik SPKLU yang dilalui pada rute perjalanan.

Selain itu, tombol pop-up hotline SPKLU pada aplikasi langsung menghubungkan pelanggan pada nomor WhatsApp customer service SPKLU, memastikan akses mudah bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan pengisian daya darurat.

Dengan langkah-langkah ini, PLN menunjukkan komitmennya untuk mendukung mobilitas ramah lingkungan dan memberikan layanan yang nyaman bagi pengguna kendaraan listrik dalam perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut