get app
inews
Aa Read Next : Tiada Jembatan, Warga Dua Dusun di Desa Kiuola Timor Tengah Utara Terisolir saat Banjir

Banjir Meluap, 692 Rumah Warga Desa Toineke TTS Terendam

Jum'at, 15 Maret 2024 | 10:41 WIB
header img
Banjir Meluap, 692 Rumah Warga Desa Toineke TTS Terendam. Foto: istimewa


SOE, iNewsTTU.id--Cuaca ekstrem di Kabupaten Timor Tengah Selatan telah mengakibatkan bencana banjir yang meresahkan. Ratusan rumah warga di Desa Toineke, Kecamatan Kualin, terendam banjir setelah Sungai Noemuke meluap. Dampaknya dilaporkan mencapai 692 rumah yang tergenang.

Dalam cuplikan video amatir yang diperoleh iNewsTTU, terlihat masih ada sisa luapan banjir serta dampak yang dialami oleh ratusan warga Desa Toineke di Kecamatan Kualin, Timor Tengah Selatan, NTT.

Ratusan warga terpaksa mengungsi karena rumah mereka telah terendam banjir. Beberapa di antaranya bahkan kehilangan harta benda mereka akibat bencana ini.

Untungnya, pemerintah daerah telah merespons dengan cepat. Penjabat Bupati Timor Tengah Selatan, Seperius Edison Sipa, turun langsung ke lokasi bersama Forkopimda untuk meninjau dan memberikan bantuan kepada warga terdampak.

"Setelah mendapat telepon dari camat, kami turun ke lokasi dan memastikan bahwa terdapat 692 rumah warga yang terdampak oleh banjir tersebut."Terang Seperius Edison Sipa,PJS Bupati TTS.

Selain itu, langkah tanggap darurat telah diambil dengan rencana pengalihan jalur air Sungai Noemuke. Alat berat akan diterjunkan untuk melakukan rasionalisasi demi menghindari bencana serupa di masa mendatang.

Namun, kondisi cuaca masih memperihatinkan dengan hujan yang terus mengguyur daerah tersebut. Warga setempat diimbau untuk tetap waspada dan mengutamakan keselamatan pribadi di atas segalanya.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut