get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Ternak Babi Mati di TTU, Diduga Terserang ASF

Ini Manfaat Minum Kopi, Nomor 5 Cocok untuk Orang Dewasa

Sabtu, 02 Maret 2024 | 19:44 WIB
header img
Ini 8 Manfaat Minum Kopi yang belum diketahui banyak orang. Foto: istimewa


KUPANG, iNewsTTU.id--Banyak masyarakat yang suka mengonsumsi kopi di pagi maupun sore hari, namun masih sedikit orang yang mengetahui manfaat dari minuman tersebut.

Seperti yang dilansir iNewsTTU dari berbagi sumber menyebutkan mengonsumsi kopi memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, asalkan dikonsumsi secara wajar. Berikut adalah beberapa manfaat utama minum kopi:

1.Peningkatan Kecerdasan dan Fungsi Kognitif: Kafein, yang terdapat dalam kopi, dapat meningkatkan fungsi otak, meningkatkan perhatian, kewaspadaan, dan respons kognitif. Ini membuat kopi menjadi minuman yang populer untuk meningkatkan produktivitas dan konsentrasi.

2.Peningkatan Daya Tahan Fisik: Kafein dapat merangsang sistem saraf dan meningkatkan pelepasan adrenalin, yang dapat meningkatkan daya tahan fisik. Oleh karena itu, minum kopi sebelum berolahraga dapat membantu meningkatkan performa atletik.

3.Asupan Antioksidan: Kopi mengandung sejumlah besar antioksidan, yang dapat membantu melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Antioksidan ini juga dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit kronis.

4.Perlindungan terhadap Penyakit Parkinson dan Alzheimer: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat terkait dengan penurunan risiko terkena penyakit Parkinson dan Alzheimer. Senyawa-senyawa dalam kopi diketahui memiliki efek neuroprotektif.

5.Menurunkan Risiko Penyakit Jantung: Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi yang moderat dapat terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung. Namun, efek ini mungkin dipengaruhi oleh faktor-faktor gaya hidup lainnya.

6.Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2. Kafein dalam kopi dapat mempengaruhi metabolisme gula darah dan sensitivitas insulin.

7.Mengurangi Risiko Penyakit Hati: Konsumsi kopi juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa penyakit hati, termasuk sirosis hati dan kanker hati.

8.Efek Antidepresan: Kafein dalam kopi dapat merangsang produksi neurotransmiter seperti serotonin dan dopamine, yang dapat memiliki efek antidepresan dan meningkatkan mood.

Namun, perlu diingat bahwa efek kesehatan dari minum kopi dapat bervariasi antarindividu, dan konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti insomnia, kegelisahan, dan gangguan pencernaan.

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi kopi secara berlebihan

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut