get app
inews
Aa Read Next : Mutasi Ditubuh Polri, Kapolda NTT Dijabat Irjen Pol Jhony Asadoma

Berikut Daftar 5 Kapolda yang Berganti Pimpinan dalam Mutasi Besar Polri

Jum'at, 08 Desember 2023 | 07:02 WIB
header img
Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi, Listyo Sigit Prabowo (Foto: Istimewa).i

JAKARTA, iNewsTTU.id - Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi, Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi dan rotasi jabatan massal yang melibatkan sejumlah personel, termasuk pergantian pimpinan pada lima Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda).

Mutasi ini diumumkan melalui Surat Telegram dengan nomor ST/2749/XII/KEP./2023 dan ST/2750/XII/KEP./2023, tertanggal 7 Desember 2023.

Berikut 5 Kapolda yang dimutasi:

1. Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel):
Pimpinan Kapolda Sulsel, Irjen Pol Setyo Budi Moempoeni Harso, digantikan oleh Irjen Pol Andi Rian Djajadi yang sebelumnya menjabat Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pengganti Irjen Pol Rian di Kapolda Kalsel adalah Irjen Pol Winarto, yang sebelumnya menjabat sebagai Pati Baintelkam Polri dengan penugasan di BIN.

2. Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel):
Irjen Pol Rian yang kini menjabat Kapolda Kalsel, digantikan oleh Irjen Pol Winarto dari Pati Baintelkam Polri.

3. Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT):
Irjen Pol Johanis Asadoma yang menjabat Kapolda NTT, dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Misinter Divhubinter Polri.

Kapolda NTT kini dipegang oleh Irjen Pol Daniel Tahi Monang dari Kapolda Papua Barat.

4. Kapolda Papua Barat:
Irjen Pol Daniel, yang sebelumnya Kapolda Papua Barat, digantikan oleh Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir yang saat ini menjabat Karojianstra Sops Polri.

5. Kapolda Kepulauan Riau (Kepri):
Kapolda Kepri, Irjen Tabana Bangun, digantikan oleh Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah yang sebelumnya menjabat Karosundokinfokum Divkum Polri.

Selain pergantian Kapolda, terdapat juga perubahan pada dua jabatan lainnya, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi yang memasuki masa pensiun, digantikan oleh Brigjen Aan Suhanan.

Jabatan Kadensus 88 Antiteror Polri, yang sebelumnya dijabat Irjen Pol Marthinus Hukom, kini dipegang oleh Brigjen Pol Sentot Prasetyo.

Asisten Kapolri Bidang SDM, Irjen Dedi Prasetyo, mengonfirmasi mutasi ini sebagai bagian dari dinamika organisasi Polri.

"Mutasi adalah hal yang alamiah dalam organisasi Polri, dilakukan untuk memastikan efisiensi dan peningkatan pengalaman personel dalam menjalankan tugas," katanya.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut