get app
inews
Aa Read Next : Heboh, Aplikasi Kereta Cepat tidak Tercantum Palestina, Begini Reaksi KCIC

Hanya Seminggu, 80 Kejadian Gempa Bumi di Sumba dan Sekitarnya

Jum'at, 03 November 2023 | 14:29 WIB
header img
Hanya Seminggu, 80 Kejadian Gempa Bumi di Sumba dan Sekitarnya. Ilustrasi Inews.id

Sumba, iNewsTTU.id--BMKG setempat telah merilis informasi mingguan mengenai aktivitas gempa bumi di Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan sekitarnya. Data yang diperoleh mencakup periode dari 27 Oktober hingga 2 November 2023.

Sesuai data yang dirilis BMKG melalui Groups WA Info BMKG NTT, tercatat dalam periode tersebut, wilayah ini telah mengalami sebanyak 80 kejadian gempa bumi.

Dua di antaranya dirasakan oleh masyarakat setempat. Berdasarkan analisis data, terdapat beberapa hal penting yang patut diperhatikan:

    Kekuatan Gempa:
Terdapat perbedaan signifikan dalam kekuatan gempa yang tercatat. Satu gempa bumi memiliki kekuatan di atas 5 skala magnitudo (M), sedangkan 19 gempa lainnya memiliki kekuatan antara 3 hingga 5 M. Sisanya, sebanyak 60 gempa, memiliki kekuatan kurang dari atau sama dengan 3.0 M.

    Kedalaman Gempa:
Pusat gempa bumi dengan kedalaman kurang dari 60 km mendominasi jumlahnya, dengan 64 kejadian (80.00%). Sebanyak 15 gempa lainnya tercatat dengan kedalaman antara 60 hingga 300 km (18.75%), sementara hanya 1 kejadian terjadi pada kedalaman lebih dari 300 km (1.25%).

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut