get app
inews
Aa Read Next : Teknik Cerdik Dokter Fidiansjah untuk Menjaga Kesehatan Mental

5 Jenis Makanan yang Bisa Meredakan Mual Akibat Asam Lambung dan Maag

Senin, 23 Oktober 2023 | 18:35 WIB
header img
Ilustrasi obat tradisional untuk sakit asam lambung. (Foto: Shutterstock)

Jakarta, iNewsTTU.id - Asam lambung dan masalah pencernaan seperti maag bisa menjadi kondisi yang sangat tidak nyaman. Ketika asam lambung atau maag kambuh, perut seringkali terasa mual, dan nafsu makan pun hilang. Namun, penting untuk mencari cara meredakan mual tersebut agar kondisi tidak semakin memburuk dan tubuh tetap sehat.

Sebuah contoh nyata tentang dampak serius asam lambung adalah pemilik akun TikTok dengan username @indahkirei5, yang mengalami penurunan berat badan hingga 25 kg akibat asam lambung yang parah. Keadaan ini membuatnya sering berbaring di kasur, disertai demam tinggi dan rasa mual yang datang secara berkala.

Sebelum kondisi asam lambung memburuk, sangat penting untuk segera mendapatkan pengobatan dari seorang dokter. Namun, jika Anda mengalami mual akibat asam lambung, tidak perlu menghindari makanan sepenuhnya. Berikut adalah lima jenis makanan yang dapat membantu meredakan mual akibat asam lambung, seperti yang dikutip dari Everyday Health:

1. Apel: Apel mengandung serat yang membantu menghilangkan bahan kimia penyebab mual dari sistem pencernaan Anda. Namun, jangan mengonsumsi terlalu banyak serat dalam satu waktu, karena hal ini bisa membuat Anda merasa lebih buruk. "Serat memperlambat pencernaan sehingga dapat membantu meredakan mual," kata Erin Palinski-Wade, seorang ahli gizi.

2. Biskuit: Makanan tinggi pati seperti roti dan biskuit dapat membantu menyerap asam lambung dan menenangkan perut yang mual. Sifat biskuit yang hambar membantu mengurangi rasa lapar tanpa mengganggu perut.

3. Air mineral: Minum segelas air putih membantu menjaga tubuh terhidrasi, mencegah sakit kepala yang seringkali datang bersamaan dengan mual. Pastikan Anda minum perlahan-lahan, sehingga tidak memperburuk mual.

4. Pisang: Jika mual disertai dehidrasi, makan sepotong pisang dapat membantu mengembalikan keseimbangan potasium yang hilang akibat muntah atau diare. Potasium adalah elektrolit penting yang dapat hilang dalam kasus-kasus tersebut.

5. Kacang-kacangan: Makanan berprotein seperti kacang-kacangan yang mudah dicerna dapat membantu mengatasi mual. Kekurangan protein dapat memperburuk rasa mual, jadi makanan ini dapat membantu mengisi kembali energi yang hilang.

"Ketika mual disebabkan oleh rasa lapar berlebihan, gula darah rendah, atau kehamilan, makanan yang mengandung protein dan lemak dalam kacang-kacangan dapat membantu meredakan gejalanya," kata Palinski-Wade.

Ingatlah bahwa selalu bijak untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi jika Anda mengalami masalah pencernaan yang berkepanjangan atau serius.

Makanan ini dapat membantu meredakan mual ringan akibat asam lambung atau maag, tetapi perlu pengawasan medis yang tepat untuk kasus yang lebih serius.

 

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut