get app
inews
Aa Read Next : Warga Serahkan Senjata Flintlock Milik Eks Pejuang Timor-Timur ke Komandan Satgas Sektor Barat

Kodim TTU Rintis Kelurahan Aplasi jadi Kampung Pancasila

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 16:32 WIB
header img
Kodim TTU Rintis Kelurahan Aplasi jadi Kampung Pancasila. Foto ist

KEFAMENANU, iNewsTTU.id--Danramil 1618-01 Miotim, Mayor Inf Ngakan Gede Marjana mengadakan kegiatan Kampung Pancasila di Kelurahan Aplasi,  Kecamatan Kota Kefamenanu , Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT, Jumat ,6 Oktober 2023.

Kegiatan Kampung Pancasila adalah sebuah program atau inisiatif yang bertujuan untuk mempromosikan dan mengedukasi masyarakat tentang nilai-nilai Pancasila, yang merupakan dasar ideologi negara Indonesia.

Program ini sering melibatkan berbagai kegiatan sosial, pendidikan, budaya, dan keagamaan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang Pancasila.

Kampung Pancasila biasanya melibatkan partisipasi aktif dari berbagai elemen masyarakat, termasuk pemerintah daerah, tokoh masyarakat, agama, pemuda, pemudi, dan warga umum. 

Mayor Inf Ngakan Gede Marjana mengatakan Tujuannya adalah memperkuat persatuan, toleransi, dan kerukunan antarwarga dalam kerangka nilai-nilai Pancasila, seperti keadilan, persatuan, demokrasi, dan kemanusiaan.

Ia mengatakan Kegiatan yang dilakukan dalam Kampung Pancasila sering melibatkan diskusi, pelatihan, kegiatan gotong royong, pertemuan lintas agama, dan berbagai upaya lainnya untuk membangun kesadaran kolektif tentang Pentingnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. 

"Ini merupakan upaya positif dalam memperkuat identitas nasional dan mempromosikan nilai-nilai positif dalam masyarakat," pungkasnya. 

 Adapun kegiatan fisik yang dilaksanakan adalah kerja Bakti atau Gotong Rayong pembersihan kantor lurah serta lingkungan sekitarnya.

"Selanjutnya doa bersama lintas agama dan Pemberian materi  tentang Pancasila,"tutupnya. 

Adapun  yang hadir dalam kegiatan tersebut  adalah Para Danramil, lurah Aplasi  Para ketua RT, Para Babinsa Kota Kefamenanu, Para tokoh adat lintas agama, Para pemuda, pemudi, dan masyarakat kelurahan Aplasi.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut