get app
inews
Aa Read Next : Warga Serahkan Senjata Flintlock Milik Eks Pejuang Timor-Timur ke Komandan Satgas Sektor Barat

Komunitas Otomotif Hijaukan Bukit Eban TTU dengan Ratusan Anakan Kopi

Senin, 10 Juli 2023 | 12:15 WIB
header img
Ketua Komunitas Otomotif tokijo Eman Tnopo saat tanam anakan kopi Hijaukan Bukit Eban TTU di Eban, TTU.Foto: ist

KEFAMENANUiNewsTTU.id--Ratusan anakan kopi ditanam oleh anggota Komunitas Toyota Kijang Timor di Eban, Kecamatan Miomaffo Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara NTT kemarin.

Selain anggota Komunitas tokijo, ikut berpartisipasi juga Tokijo Chapter Biinmaffo, Tokijo Chapter Soe, GAGA team kefa, Jip 87 kefa, 2 tak family kefa dan VES SKA.

Kemudian, Green House, karang taruna eban, Mapala Unimor, persatuan mahasiswa miomaffo barat (permamora), staf kecamatan miomaffo barat, anggota polsek miomaffo barat dan anggota satgas pengamanan perbatasan NTT timor leste Yonkav mendagiri sektor Barat.

Ketua komunitas Toyota Kijang Timor, Eman Tnopo, saat dikonfirmasi iNewsTTU.id mengatakan bahwa kegiatan penanaman anakan itu mereka lakukan selama dua hari sejak  Sabtu 8 Juli hingga Minggu 9 Juli 2023.

Dikatakannya, lokasi atau sasaran penanaman anakan kopi adalah di komplex kantor Camat Miomaffo Barat dan di sejumlah sumber mata air di wilayah itu.

"Ada 250 anakan kopi dan kemiri yang kami tanam kemarin, tujuannya selain sebagai bentuk penghijauan,  juga sebagai Pelindung sumber air dan suatu saat bisa meningkatkan sumber pendapatan masyarakat dari biji kopi maupun kemiri,"kata Eman, Pegawai Bank BRI Cabang Kefamenanu. 

Dia menjelaskan,  alasan pihaknya menanam kopi di wilayah Eban karena merupakan tempat yang cocok karena tinggi.

Diketahui, Salah satu faktor yang membuat ketinggian penting untuk pohon kopi adalah ketahanan dari pohon kopi itu sendiri. 

Dengan ketinggian dan perawatan yang tepat, pohon kopi dapat terus berbuah sampai 70 tahun. Kalau berada dibawah ketinggian 1.000 meter atau 800 meter, maka pohon kopi pun sulit untuk tumbuh dan berbuah.

Eman berharap, anakan kopi tersebut bisa tumbuh dengan baik dan dapat bermanfaat bagi warga di wilayah Eban.


Tokijo

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut