get app
inews
Aa Read Next : Sertijab Menkumham, Supratman Minta Kolaborasi Seluruh Jajaran Kemenkumham

Siklon Tropis mengerikan Ancam Indonesia?

Minggu, 02 April 2023 | 17:38 WIB
header img
Siklon Tropis Herman (foto: dok BMKG)

JAKARTA, iNewsTTU.id -BMKG Mencatat   fenomena Kemunculan siklon tropis Herman terjadi di Indonesia. 

Siklon Herman adalah salah satu fenomena badai yang tergolong siklon tropis. Berikut sejumlah faktanya:

1. Siklon Herman Disebut Sangat Mengerikan Dampaknya.

Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Erma Yulihastin mengatakan, siklon Herman ‘sangat mengerikan’ dampaknya.

"Saya tidak tahu seberapa penting siklon Herman ini dalam pandangan pemangku kepentingan. Tetapi bagi ilmuwan, siklon semacam ini bisa sangat mengerikan dampak dari lapis-lapis pusarannya. Karena itu saya hanya bisa berusaha mendampingi publik untuk upaya mitigasi terbaik,” tulis Dr. Erma di akun Twitternya, @EYulihastin, dikutip Jumat (31/3/2023).

"Sejak dari bayi vorteks pada 23 Maret hingga menjadi raksasa siklon Herman, saya aktif mendampingi masyarakat agar mereka tahu fenomena badai ini, dan waspada dari waktu ke waktu akan dampak terburuk yang bisa terjadi,” lanjut Dr. Erma.

2. Masyarakat Pesisir Diminta Waspada

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat pesisir waspada potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan, seiring dengan kemunculan siklon tropis Herman.

"Siklon tropis Herman 999 hPa memengaruhi secara tidak langsung terhadap peningkatan tinggi gelombang di Samudera Hindia pada kategori rough sea atau tinggi," ujar Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo di Jakarta.

3. Apa itu Siklon Herman?

Siklon Herman adalah salah satu fenomena badai yang tergolong siklon tropis. Siklon ini terbentuk dari pusaran angin yang radiusnya berskala besar bisa mencapai 150-200 Km.

Siklon Herman umumnya terbentuk di atas laut dengan permukaan hangat atau di atas 26,5 derajat celsius. Adapun angin yang berputar di dekat pusat siklon bisa mencapai kecepatan lebih dari 63 km/jam.

Tahapan pembentukan badai ini tergolong cepat. Dalam waktu 12 jam berubah dari Tropical Storm (TS) 96S menjadi Tropical Cyclone (TC) Herman. Kini, 24 jam sejak ditetapkan, sudah naik level lagi jadi "Severe TC" atau Super Taifun.

Dan juga sudah dirilis lagi oleh Australia, Severe TC atau Super Taifun Herman ini naik level dari 3 jadi 4, dengan kekuatan angin maksimum 165 km/jam dan pergerakan yang cukup lambat yaitu 15 km/jam. Tak heran jika Herman masih terus stay di selatan Jabar.

4. BMKG Prakirakan Saat Ini Intensitas Siklon Tropis Herman Menurun

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, bahwa intensitas siklon tropis Herman di Samudera Hindia sebelah selatan Jawa menurun.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut