get app
inews
Aa Read Next : Resmi WNI Maarten Paes bisa Perkuat Indonesia Lawan Irak dan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia

Pengguna Medsos Diminta Tak Berlebihan Bagikan Data, Simak Dampaknya

Sabtu, 25 Maret 2023 | 06:49 WIB
header img
Pengguna media sosial (medsos) diminta tidak berlebihan dalam membagikan data dan informasi di dunia maya. Foto/SINDOnews

JAKARTA, iNewsTTU.id - Kementrian Komunikasi dan Informatika meminta Pengguna media sosial (medsos) tidak diminta tidak berlebihan dalam membagikan data dan informasi di dunia maya. 

Sebab hal itu dapat memicu terjadinya pencurian data pribadi dan kejahatan siber. 

Hal itu terungkap dalam acara Obral Obrol Literasi Digital (OOTD) Ngabuburit dengan tema “Oversharing di Media Sosial, Yes or No? yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informastika (Kemenkominfo) Bersama GNLD Siberkreasi. 

Psikolog Klinis Liza Marielly Djaprie menjelaskan alasan di balik prilaku membagikan data berlebihan atau oversharing berakar pada emosi pribadi masing-masing. 

Pertama, peran emosi mendorong seseorang untuk membagikan sesuatu. Kedua, peran status yang berusaha untuk memperlihatkan citra diri tertentu kepada khalayak umum.

 “Dua hal tersebut kenapa individu menjadi oversharing karena itu emosinya lagi meletup-letup banget atau yang kedua karena looking for status tadi,” jelasnya, Jumat (24/3/2023). 

Liza mengatakan bagaimanapun sikap berbagi memang menjadi watak manusia sebagai makhluk psikologis yang ingin agar terhubung dengan dunia luar. 

Namun, ia menyarankan untuk memikirkan ulang motivasi di balik sikap oversharing, terutama yang berbuah kontroversi.

“Sebelum jempolnya bergerak (mengetik sesuatu), ditanyakan dulu why I want to post this? Mungkin itu pertanyaan terpenting yang harus kita instropeksi sebelum kita post,” ujar Liza. 

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut