Logo Network
Network

Prajurit TNI AL Lanal Rote Evakuasi Korban Tenggelam Bersama TIM SAR

Rudy Rihi Tugu
.
Rabu, 15 Februari 2023 | 18:21 WIB
Prajurit TNI AL Lanal Rote Evakuasi Korban Tenggelam Bersama TIM SAR
Prajurit TNI AL Lanal Rote saat terlibat operasi SAR evakuasi korban tenggelam di Pulau Sumba. Foto : Ist

 KUPANG, iNewsTTU.id- Prajurit TNI AL turut serta dalam operasi SAR pada, Selasa ( 14/02/2023) lalu. Danposal Waingapu Letda Laut (P) Deny Panca, menerima Informasi dari Pos SAR Waingapu bahwa warga yang tenggelam di Perairan Desa Maukewini Kecamatan Pahungalodu, Kabupaten Sumba Timur.

Berdasarkan laporan tersebut Danposal memerintahkan Anggotanya untuk melalukan Aksi Cepat bersama Tim SAR Gabungan yakni Basarnas, TNI AL , Pol Airud, Polsek beserta Masyarakat Pesisir untuk melaksanakan Kegiatan SAR untuk menemukan korban Markus Kalambar Retang (45), warga Desa Kaliuda, Kecamatan Pahunga Lodu Kabupaten Sumba Timur.

Pada pukul 12.15 Wita, Korban ditemukan di Perairan Maukewini dalam kondisi meninggal dunia, selanjutnya jenazah langsung dievakuasi ke Puskesmas Mangili menggunakan mobil Pos TNI AL Waingapu.

Informasi yang dihimpun iNews.id, korban bersama 3 orang rekan lainnya mencari ikan dengan cara menyelam, pada Senin ( 13/02/ 2023) Pukul 19.00 Wita di Pesisir Pantai maukewini, Desa Lambakara Kecamatan Pahungalodunamun.

Saat akan memancing ketiga rekan korban menyampaikan untuk sabar menunggu karena air laut sementara tidak bersahabat, tetapi korban tetap turun ke laut dengan menggunakan senter, akhirnya korbanpun hilang ditelan gelombang.

Komandan Lanal Pulau Rote Letkol Marinir Nikodemus Balla, mengatakan keterlibatan anggota Lanal Rote merupakan panggilan kemanusiaan para prajuritnya, karena TNI berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

" Para pengawak Pos TNI AL Waingapu yang merupakan Posal Jajaran Lanal Rote untuk selalu siaga dalam kegiatan kemanusiaan yang sewaktu waktu akan dibutuhkan oleh masyarakat, Hal ini selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut yakni Jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan," Ujarnya.(*)

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News

Bagikan Artikel Ini