get app
inews
Aa Read Next : Dampak Pompa Hidram Bagi 50 Kepala Keluarga di Desa Oelbubuk Timor Tengah Selatan

Apes, Siswa SMP Taekiu TTS Rela Bersihkan Kotoran Kambing di Kelas Sebelum Belajar

Senin, 09 Januari 2023 | 20:47 WIB
header img
puluhan siswa SMP Negeri Taekiu di Desa Naukae, Kecamatan Kuatnana, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT terpaksa harus membersihkan ruang kelas mereka dari kotoran kambing. Foto:iNewsTTU.id/seth

SOE, iNewsTTU.id--Hari pertama masuk liburan natal dan tahun baru 2023, puluhan siswa SMP Negeri Taekiu di Desa Naukae, Kecamatan Kuatnana, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT terpaksa harus membersihkan ruang kelas mereka dari kotoran kambing.

Ruang kelas 7 yang terpisah dari bangunan induk menjadi sasaran tempat berlindungnya ternak kambing milik warga desa sekitar.

Apalagi kondisi ruang kelas 7 hanya disekat dengan pelepah gewang yang sudah lapuk, bahkan ruang kelas ini tidak dilengkapi dengan pintu pengaman ruang.

Para siswa pun terlihat sibuk membersihkan kotoran kambing dan juga meja serta kursi yang kotor akibat tetesan air hujan dari atap yang bocor di ruang kelas tersebut sebelum mengikuti pelajaran dihari pertama.

"ia benar pak, memang ruang kelas 7 masih pakai bangunan darurat sehingga waktu libur banyak ternak masuk ke dalam sehingga hari ini siswa terpaksa harus bersihkan sebelum belajar,"ungkap salah satu Guru SMP Taekiu saat dihubungi iNews.id, senin, 9/1/2023.

Sementara itu, khusus kelas 8 dan 9 lolos dari hunian ternak karena sudah dibangun baru sejak roboh diterjang angin saat badai seroja.

Diketahui, Sekolah ini hanya terdiri dari 3 rombongan belajar, dengan dua ruang baru yang berdinding pelepah gewang ditambah satu bangunan darurat milik kandang kambing, sekolah inipun tak memiliki ruang kantor ataupun ruang guru.

padahal sekolah ini memiliki 15 orang guru yang terdiri dari 3 orang Guru ASN termasuk Kepala Sekolah, 2 orang Guru P3K dan 10 orang Guru Kontrak.


Bangunan induk SMP Negeri Taekiu hanya dua ruangan. Foto: ist

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut