get app
inews
Aa Read Next : Gala Dinner Bacalon Gubernur NTT Frans Aba bersama Awak Media

Lestarikan Lingkungan, Babinsa Koramil Panite Bersama Gubernur NTT Tanam Anakan Lamtoro

Kamis, 27 Oktober 2022 | 15:44 WIB
header img
Lestarikan Lingkungan, Babinsa Koramil Panite, Bersama Gubernur NTT Tanam Anakan Lamtoro.Foto, iNewsTTU.id/Efraim

SOE, INEWSTTU.ID--Babinsa Koramil 1621-05/Panite Serda Bonevasius Suhardi mewakili Danramil menghadiri Penanaman Pohon Lamntoro secara Simbolis oleh Gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat, bersama Rombongan di Rans Besi Pae Desa Linamnutu, Kecamatan Amanuban Selatan, TTS dengan melibatkan  para ASN Propinsi, Siswa siswi SMAN Abansel, SMAN Kiubat, SMKN Pollo dan Masyarakat setempat.

Tak menunggu lama, Gubernur beserta Rombongan langsung melakukan penanaman benih lamtoro teramba pada lahan yang sudah disiapkan secara Simbolis 

Dibawah naungan sebuah pohon rimbun, Gubernur ke-8 di Bumi Flobamora ini memberi arahan dan motivasi kepada warga masyarakat yang hadir agar dapat memanfaatkan lahan kosong untuk bisa menanam lamtoro teramba untuk kebutuhan pakan ternak. Selain itu, bisa juga menanam rumput kingres.

Victor Bungtilu Laiskodat ini memberi apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat yang sudah berinisiatif untuk membuka lahan untuk menanam lamtoro. 

“Seteleh selesai pelantikan jadi Gubernur hari ini baru saya datang ke sini. Terima kasih kepada orang tua dan masyarakat. Saya tidak menyangka banyak yang hadir,” kata Gubernur Victor.

Gubernur Periode 2018-2024 ini kemudian membeberkan salah satu program unggulan yakni bantuan ternak sapi bagi masyarakat yang sangat membutuhkan masing-masing lima ekor per kepala keluarga (Kk).

 Namun, salah satu ketentuan yakni ketersediaan pakan. Oleh karena itu, penanaman lamtoro tersebut akan sangat membantu ketersediaan pakan sebelum bantuan tiba.

“Protein lamtoro sangat bagus untuk ternak. Bisa menggemukan badan ternak. Selain itu, tanaman ini tidak sembarang kena hama. Kami harapkan semoga TTS kembali menjadi gudang ternak. Kita ketahui bersama setiap tahun harga ternak naik terus,” jelasnya.

Sementara itu, Kaban Aset Propinsi NTT Alex Lumba, dalam laporannya menjelaskan, maksud kegiatan tersebut yakni sosialisasi keunggulan lamtoro teramba, menyiapkan benih untuk ditanam di kebun peternak, serta pendampingan.

Sasaran kegiatan tersebut, lanjutnya, meningkatnya luasan hijau pakan ternak, meningkatnya ketersediaan hijauan pakan ternak lamtoro teramba sepanjang tahun dan kiranya lamtoro teramba bukan hanya tanaman pendamping melainkan tanaman utama. 

Berikut Pejabat yang Hadir pada Kegiatan tersebut Gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat, Kaban Aset Prop NTT Alex Lumba, Kadis PUPR Maxi Nenabu, Para Kadis Pemprop NTT,Bupati TTS Egusem P.Tahun, Kasat Pol PP Propinsi NTT Cornelis Wadu, Kabag OPS Polres TTS, Camat Abansel, Danramil diwakili Babinsa Koramil 1621-05/Panite Serda Bonevasius Suhardi, Kapolsek Panite, Para Kepala Sekolah Tingkat SMA, Para Kades seAbansel, serta Toga, Toda, dan Tomas.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut