get app
inews
Aa Read Next : Mengungkap Misteri Indera Keenam, Antara Mitos dan Fakta di Era Modern

Menteri Desa dan PDTT, Abdul Halim Iskandar, Sebut Toats Kenegaraan di NTT Unik

Kamis, 18 Agustus 2022 | 19:49 WIB
header img
Unik, Toats Kenegaraan HUT RI 77 di NTT Pakai ‘Haik’ dan Tuak Manis. Foto: iNewsTV/Eman Suni

KUPANG, iNewsTTU.id--Gubernur NTT Sebut Satu-satunya di Dunia, Toats Kenegaraan HUT RI dengan Minum Tuak Manis menggunakan wadah dari anyaman daun lontar yang disebut 'haik'

Toast Kenegaraan kali ini dihadiri oleh Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar bersama istrinya, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Josef Nae Soi, pejabat Forkompinda NTT, serta Anggota DPR RI Komisi IV, Julie Sutrisno Laiskodat yang juga adalah istri Ketua Dekranasda NTT.

Dalam toats kenegaraan kali ini, mereka merayakannya dengan meminum tuak manis yang diiris dari pohon lontar oleh Martinus Rondo, warga Kelurahan Kolhua, Kota Kupang, kemudian Tuak Manis itu disajikan melalui sebuah wadah anyaman daun lontar bernama Haik.

Ide unik Toats Kenegaraan menggunakan Haik dan Tuak Manis ini lahir dari sosok Ketua Dekranasda NTT Julie Sutrisno Laiskodat.

Sebelumnya, pagi hari setelah mengikuti peringatan detik-detik proklamasi, Bunda Julie, sapaan akrab Julie Sutrisno Laiskodat, mengunjungi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi NTT untuk memantau pengembangan agrowisata.

Di sana sosok Srikandi Partai NasDem ini menemukan ide yang unik dan istimewa untuk menggagas tos kenegaraan menggunakan Haik dan Tuak Manis.

Gayung pun bersambut, ide itu diterima oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan para pemimpin pun menikmati toats kenegaraan menggunakan haik dan tuak manis.

Menteri Desa dan PDTT Abdul Halim Iskandar, Gubernur NTT Viktor Laiskodat, Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, Kepala Kejaksaan Tinggi NTT Wisnu Hutama dan para pimpinan Forkopimda tampak larut dalam perayaan toats kenegaraan tersebut.

Melalui momentum itu, pemerintah Provinsi NTT sebenarnya ingin memperkenalkan, sekaligus melaunching alat dan minuman tradisional asal Nusa Tenggara Timur yaitu haik dan tuak manis.

Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan, toats kenegaraan menggunakan haik dan tuak manis, belum pernah dilakukan oleh pemimpin manapun di dunia.

“Rasanya enak. Ini satu-satunya di dunia yang tos kenegaraannya pakai haik dan tuak manis,” kata Viktor Laiskodat.

Senada dengan Gubernur NTT, Menteri Desa dan PDTT, Abdul Halim Iskandar, menyebut, minuman tradisional asal NTT itu memiliki cita rasa yang enak dan layak untuk dikonsumsi.

“Ini rasanya manis dan wadahnya antik,” kata Abdul.

 

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut