get app
inews
Aa Read Next : Kantor Dinas Kesehatan NTT Terbakar Hebat, Penyebab Masih Diselidiki

Warga Perbatasan NTT-Timor Leste dipermudah Urus Identitas Kependudukan

Minggu, 19 Juni 2022 | 19:21 WIB
header img
Foto Penyerahan Kartu Identitas Kependudukan untuk warga Desa Noelelo, TTU, NTT


KEFAMENANU, iNewsTTU.id--Masih banyak masyarakat di pelosok Kecamatan Mutis di Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT masih kesulitan memperoleh Identitas Kependudukan seperti akta kelahiran, KIA, e-KTP dan KK.

Selain jarak tempuh ke ibu kota Kabupaten yang cukup jauh, warga di daerah Perbatasan NTT dengan Timor Leste ini juga belum mengetahui manfaat dari Identitas Kependudukan, padahal mereka tinggal di daerah yang berbatasan darat dengan Distrik Oekusi.

Camat Mutis, Richard Gaudens Subay melalui Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Mutis Semi Siki mengakui saat ini sedang berupaya membantu masyarakat di wilayahnya agar bisa memiliki dokumen kependudukan.

"Belum lama ini kita serahkan Identitas Kependudukan berupa 16 keping KPT Elektronik, 120 Kartu Identitas Anak dan 68 lembar Kartu Keluarga kepada masyarakat Desa Noelelo, nantinya akan dibagikan kepada masyarakat yang bersangkutan,"Terang Semi.

Dijelaskannya, Identitas Kependudukan sangat penting karena segala urusan, pendidikan, kesehatan dan ekonomi, dalam pemenuhannya butuh data kependudukan.

Dicontohkannya, untuk pembagian PKH, BLT dan bantuan lain pasti butuh data kependudukan. Masih banyak warga Desa Noelelo khususnya dan kecamatan Mutis umumnya belum memiliki dokumen kependudukan.

Untuk itu, Pemerintah Kecamatan Bekerja sama degan para penjabat kepala desa dan operator e-KTP kecamatan Mutis, mendata warga yang belum memiliki dokumen kependudukan seperti akta kelahiran, KIA, e-KTP, KK dan akta kematian) untuk selanjutnya di bawa  dan dicetak oleh operator pada Dinas Dukcapil.

"Tujuannya membantu masyrakat melengkapi dokumen kependudukannya sekaligus mewujudkan Kecamatan Mutis yang tertib administrasi kependudukan."Tandasnya.

Semi berharap, semoga dengan tindakan kecil ini dapat menjadi efek domino untuk keberhasilan penyelenggaran pembangunan dan pemerintahan di wilayah Kecamatan Mutis.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut