Presiden Joko Widodo Resmikan PLBN Napan dengan Anggaran Rp128 Miliar

Isto Santos
Presiden Jokowi resmikan PLBN Napan, TTU pada Rabu 02/10/2024. Foto: iNewsTTU.id/Isto Santos.

KEFAMENANU, iNewsTTU.id - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Napan di Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, pada Rabu (02/10/2024).

Dalam acara yang dilaksanakan secara telekonferensi, Presiden juga meresmikan enam PLBN lainnya yang tersebar di berbagai provinsi, termasuk Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Papua Selatan.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyatakan bahwa perbatasan merupakan "garda depan" Indonesia yang mencerminkan wajah negara.

"Wajah negara kita ada di sini. PLBN yang kita bangun adalah representasi dari kemajuan bangsa kita," ujarnya.

Presiden mengungkapkan bahwa pembangunan pos lintas batas ini adalah bagian dari usaha untuk memeratakan pembangunan di seluruh wilayah NKRI dan berfungsi sebagai pertahanan negara.

"Sepuluh tahun yang lalu, saya perintahkan untuk membangun semua pos lintas batas. Dari 2015 hingga 2024, kita telah membangun 15 pos lintas batas negara," tambahnya.

Pembangunan PLBN Napan memerlukan anggaran sebesar Rp128 miliar. Selain Napan, beberapa PLBN yang diresmikan antara lain: PLBN Jagoi Babang (Kalimantan Barat) Sei Nyamuk (Kalimantan Utara) Labang (Kalimantan Utara) Long Nawang (Kalimantan Utara) dan Yetetkun (Papua Selatan).

 "PLBN Terpadu Napan di Timor Tengah Utara, NTT, anggarannya 128 miliar," ungkapnya.

Presiden Joko Widodo tiba di PLBN Napan pukul 09:25 WITA menggunakan Heli SP, BT 00.20 yang didampingi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Pjs Bupati TTU, Eusabius Binsasi.

Editor : Sefnat Besie

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network