Desa Tuamese di Timor Tengah Utara Berpotensi jadi Wisata Bahari

*Sefnat Besie
Desa Tuamese di Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT. Foto: Istimewa

KEFAMENANU, iNews TTU. id--Desa Tuamese di Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT selain menjual obyek wisata danau buatnnya yang mirip dengan raja ampat, letaknya di pinggir pantai juga berpotensi dikembangkan menjadi Wisata Bahari dan Pusat Pertanian Terpadu.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Simon Soge, menyampaikan fokus pemerintah daerah dalam pengembangan Dusun Tuamese, yang terletak di pinggir pantai.

Tuamese, yang dikenal sebagai kawasan pertanian dan perikanan, kini sedang diarahkan untuk menjadi destinasi wisata bahari yang terpadu. Kolaborasi ini melibatkan beberapa pihak, termasuk sektor pariwisata dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Menurut Simon Soge, pemerintah sebelumnya telah membangun embung kecil untuk mendukung irigasi pertanian di daerah tersebut.

“Di Tuamese, ada embung kecil yang kami bangun melalui Kementrian tenaga kerja dan transmigrasi untuk mengairi sawah, yang kini sudah bisa berproduksi dua kali setahun,” jelasnya.

Embung ini sangat membantu dalam meningkatkan hasil pertanian, sehingga Tuamese mampu mengoptimalkan potensi lahan pertaniannya.

Tidak hanya dari sektor pertanian, pengembangan sektor pariwisata di Tuamese juga menjadi perhatian. Dengan lokasinya yang berada di pinggir pantai, desa ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai wisata bahari.

Dikatakan Soge, Pembangunan fasilitas seperti gazebo telah dilakukan dengan memanfaatkan dana desa.

Editor : Sefnat Besie

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network