Lantik 297 MPWN dan 21 PAW MKNW, Dirjen AHU minta Jaga Sinergitas, Kolaborasi dan Kekompakan

Rudy Rihi
Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Cahyo R. Muzhar melantik dan mengambil sumpah jabatan Majelis Pengawas Wilayah Notaris (MPWN) dan Pergantian Antar Waktu (PAW) Majelis Kehormatan Notaris Wilayah (MKNW). Foto : Ist

BANDUNG,iNewsTTU.id- Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Cahyo R. Muzhar melantik dan mengambil sumpah jabatan Majelis Pengawas Wilayah Notaris (MPWN) Periode Tahun 2024-2027 dan Pergantian Antar Waktu (PAW) Majelis Kehormatan Notaris Wilayah (MKNW) Periode Tahun 2022-2025 di Discovery Kartika Plaza, Badung-Bali, Rabu (18/9/2024). Secara keseluruhan, ada sebanyak 297 anggota MPWN dan 21 anggota PAW MKNW se-Indonesia yang dilantik dan diambil sumpah jabatannya.

Acara ini turut diikuti Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Djone, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Jonson Siagian dan Kepala Bidang Hukum, Yunus P.S. Bureni yang dilantik menjadi anggota MPWN dari unsur pemerintah pada wilayah NTT. Selain itu, anggota MPWN yang dilantik dari NTT juga terdiri dari 3 orang unsur Akademisi dan 3 orang dari unsur Notaris.

Cahyo R. Muzhar meminta para Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM yang dilantik sebagai anggota MPWN untuk menjaga sinergitas, kolaborasi dan kekompakan notaris di wilayah kerja masing-masing.

Terlebih, notaris adalah bagian dari pemerintah yang mengemban tanggung jawab besar di dalam mendukung jalannya administrasi pemerintahan dan menjadi ujung tombak kemajuan perekonomian Indonesia. Salah satunya menjadi pendukung dalam mengelola kemudahan berusaha (Ease of Doing Business).

“Notaris dipercayakan dengan tanggung jawab yang besar untuk mengesahkan dokumen-dokumen hukum dan membuat akta autentik,” ujarnya.


Sebanyak 297 anggota MPWN dan 21 anggota PAW MKNW se-Indonesia yang dilantik dan diambil sumpah jabatannya. Foto : Ist.

Menurut Cahyo, tanggung jawab besar ini harus dibarengi dengan pengawasan dan regulasi yang efektif. Anggota MPWN dan MKNW berperan penting dalam memantau aktivitas notaris untuk menjaga standar profesionalisme, etika, dan kepatuhan hukum yang tinggi. Koordinasi perlu dilakukan untuk memastikan bahwa notaris beroperasi sesuai dengan batas hukum, mematuhi standar etika, dan melindungi kepentingan semua pihak yang terlibat dalam transaksi hukum.

Pihaknya meyakini seluruh anggota MPWN dan PAW MKNW yang dilantik, baik dari unsur pemerintah, notaris, maupun akademisi memiliki integritas tinggi dan tujuan yang sama untuk terus memperbaiki citra notaris di mata dunia.

“Laksanakan tugas dan tanggung jawab secara jujur, profesional, tegas, dan responsive,” tegasnya.

Editor : Sefnat Besie

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network