Dukung Paket Krisna, Sonaf Sanak Sebut Panggilan untuk Perubahan di Kabupaten TTU

Isto Santos
Paket Krisna dalam Pilkada TTU 2024 (Foto: iNewsTTU.id/Isto Santos).

KEFAMENANU, iNewsTTU.id - Calon kepala daerah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Kristiana Muki dan Kornelis Naifatin, menerima dukungan signifikan dari Sonaf Sanak, salah satu penguasa adat Bikomi.

Dukungan tersebut ditandai dengan upacara adat yang dilaksanakan pada Sabtu, 14 September 2024, di Maslete, Sonaf Sanak. Acara ini juga menggambarkan sejarah dan kekuatan perempuan dalam kepemimpinan di wilayah tersebut.

Kehadiran Paket Krisna disambut hangat oleh tokoh adat dari Bikomi Meo, Amat, Usif, termasuk Sonbay dan Sanak. Ritual adat ini menggarisbawahi hubungan historis Bikomi dengan perempuan, merujuk pada mitos dan simbolisme yang kuat dalam budaya lokal.

Dalam konteks adat Bikomi, terdapat kiasan "Nipsa'I bikomi - Tfob bikomi" yang mencerminkan hubungan antara Kerajaan Bikomi dan 'Buaya' sebagai totem Suku Sanak.

Legenda menceritakan tentang seorang puteri Sanak bernama Bi-Kome yang berubah wujud menjadi buaya di kolam dekat Nipsa'I dan Tfob, wilayah yang kini dikenal sebagai Maslete. Nama Bikomi sendiri berasal dari peristiwa ini.

Editor : Sefnat Besie

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network